DPRK KOTA BANDA ACEH

DPRK KOTA BANDA ACEH

Penerimaan Mahasiswa Baru

Penerimaan Mahasiswa Baru

HUKUM NARKOBA MENURUT PANDANGAN ALQURAN DAN HADIST

HUKUM NARKOBA MENURUT PANDANGAN ALQURAN DAN HADIST - Narkoba memang termasuk permasalahan baru di dalam Islam. Secara tekstual memang tid...

HUKUM NARKOBA MENURUT PANDANGAN ALQURAN DAN HADIST - Narkoba memang termasuk permasalahan baru di dalam Islam. Secara tekstual memang tidak terdapat ayat atau hadits yang secara langsung mengharamkan narkoba. Namun perlu diketahui bahwa tidak setiap yang haram dan dilarang mesti ada tekstualnya di dalam al-Qur’an atau al-Hadits. Terkadang al-Qur’an dan al-Hadits hanya menyebutkan dalil umumnya saja. Sebagai contoh, Islam mengharamkan memukul dan menganiaya kedua orang tua. Padahal dalil secara tekstual tentang memukul dan menganiaya kedua orang tua tidak terdapat di dalam al-Qur’an. Yang diharamkan Allah subhanahu wa ta’ala di dalam al Qur’an adalah berkata “uff” atau “cih/ah” dan yang semaknanya. Meski demikian cara memahami ayat yang benar adalah jika berkata “uff/cih/ah” saja tidak boleh, tentu yang lebih besar dari perkataan itu seperti memukul, menganiaya, menelantarkan orang tua jauh lebih diharamkan meskipun tidak terdapat nashnya langsung dalam Al Qur’an.
Begitu juga dengan masalah ini, narkoba membuat manusia mabuk seperti mengonsumsi minuman keras. Bahkan efek mabuk dan “fly” yang ditimbulkan jauh lebih dahsyat dari pada miras. Berarti ada sisi kemiripan alasan dalam mengharamkan narkoba dan miras. Yaitu kedua-duanya (narkoba dan miras) sama-sama memabukkan, memacu kejahatan dan merusak jasmani dan ruhani. Dengan demikian maka jelas sekali bahwa narkoba pun hukumnya haram sebagaimana miras.
Adapun dalil-dalil yang mengharamkan narkoba adalah sebagai berikut:
a. Dalil dari Al- Qur’an.
Dalil al Qur’an yang mengharamkan narkoba adalah ayat berikut:
الَّذِينَ يَتَّبِعُونَ الرَّسُولَ النَّبِيَّ الأمِّيَّ الَّذِي يَجِدُونَهُ مَكْتُوبًا عِنْدَهُمْ فِي التَّوْرَاةِ وَالإنْجِيلِ يَأْمُرُهُمْ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَاهُمْ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِثَ وَيَضَعُ عَنْهُمْ إِصْرَهُمْ وَالأغْلالَ الَّتِي كَانَتْ عَلَيْهِمْ فَالَّذِينَ آمَنُوا بِهِ وَعَزَّرُوهُ وَنَصَرُوهُ وَاتَّبَعُوا النُّورَ الَّذِي أُنْزِلَ مَعَهُ أُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ (١٥٧(
“(yaitu) orang-orang yang mengikut rasul, Nabi yang Ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang ma'ruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Maka orang-orang yang beriman kepadanya. memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al Quran), mereka Itulah orang-orang yang beruntung.” (QS. Al-A’raf: 157)
Untuk lebih jelasnya perhatikanlah potongan ayat di atas yaitu pada kalimat berikut ini:
وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِثَ
“…dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk…”
      
Jadi sangat jelas bahwa segala macam yang buruk telah diharamkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Lantas bagaimana cara mengetahui perkara yang buruk tersebut? Tidak lain dan tidak bukan yaitu dengan al-Qur’an dan al-Hadits, kemudian juga dengan akal yang masih sehat.
Sekarang coba renungkan sejenak, apakah narkoba merupakan barang yang baik bagi manusia? Apakah narkoba mendukung kemajuan bangsa? Dan apakah narkoba meningkatkan kualitas generasi muda? Kami yakin sekali bahwa jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah “TIDAK”. Bahkan sebaliknya, narkoba merupaka barang yang buruk, jelek, kotor dan membahayakan. Hanya orang yang akalnya telah rusak saja yang mau mengonsumsi narkoba. Jika demikian, jelas sekali bahwa narkoba adalah termasuk barang yang buruk yang diharamkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala sesaui dengan ayat di atas.
Kesimpulannya berdasarkan ayat di atas narkoba merupakan
barang yang buruk dan termasuk kategori barang yang diharamkan.
b. Dalil dari Hadits.
Adapun dalil dari al Hadits yang mengharamkan narkoba adalah sebagai berikut:
كُلُّ مَسْكِرٍ خَمْرٌ، وَكُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ
“Semua yang memabukkan adalah khomer, dan semua yang memabukkan hukumnya haram.” (HR. Bukhari, no. 5575 dan Muslim, no. 2003)
Dalam hadits di atas jelas sekali bahwa segala yang membukkan hukumnya haram. Jika kita kaitkan dengan masalah narkoba, maka tidak ada satu jenispun dari narkoba yang tidak membukkan atau menghilangkan akal manusia. Bahkan ia lebih memabukkan daripada miras. Dengan demikian maka narkoba dihukumi haram sebagaimana miras.
Selain hadits di atas masih ada lagi hadits yang dijadikan dalil untuk mengharamkan narkoba yaitu hadits berikut ini:
لَا ضَرَرَ وَلَاضِرَارَ
“Tidak boleh melakukan perbuatan yang membahayakan (diri) dan membahayakan (orang lain).”  (HR. Ibnu Majah dan Ahmad)
Berdasarkan hadits di atas, maka segala perbuatan yang berbahaya baik bagi diri maupun orang lain apapun jenisnya hukumnya haram. Pada hakikatnya orang yang menggunakan narkoba ia telah melakukan bunuh diri secara perlahan-lahan terhadap dirinya. Sama saja dengan orang yang merokok. Mereka tidak sadar bahwa dzat kimia yang masuk ke tubuhnya ibarat racun yang merusak badan. Coba perhatikan badan pecandu narkoba. Sungguh badan mereka yang tadinya sehat, kuat, dan bugar berubah menjadi lemah dan penyakitan. Otak mereka yang cerdas menjadi tumpul dan bebal. Nurani mereka yang bening pun menjadi keruh dipenuhi dengan angkara dan nafsu bejat kepada harta dan wanita.
Memang setan menipu dengan kelezatan sesaat yang semu. Para pecandu narkoba tidak merasa bahwa sebenarnya mereka digiring ke liang kubur di balik ketertawaan mereka mencandu narkoba. Bahkan lebih ngeri dari itu. Mereka sebenarnya diseret ke neraka yang panas menyala oleh para setan durjana. Saudaraku remaja Islam, coba sejenak kembali renungkan betapa pedihnya derita di balik narkoba. Apakah Anda masih penasaran ingin mencobanya? Atau Anda ingin meneruskan membunuh diri Anda secara perlahan jika selama ini ketagihan? Jika Anda ingin selamat maka segeralah putus mata rantai setan itu.
Dari hadits di atas, Islam selain melarang untuk membahayakan diri sendiri juga melarang perbuatan yang membahayakan orang lain. Seperti mengajak teman mamakai narkoba, menjual, menawarkan, menunjukkan tempat atau mengantarkan, mempromosikan bahkan menjadi bandar, jelas hukumnya haram karena termasuk dari membahayakan orang lain.
Kuatkan prinsip dalam diri kita, bahwa setiap yang buruk hukumnya haram dan akan membawa pada kebinasaan dunia dan akhirat. Jangan mudah terpengaruh oleh teman bergaul, jangan terima ajakan-ajakan untuk mencobanya walaupun hanya sedikit. Lebih baik dibilang kuper alias tidak gaul yang penting selamat dari jerat narkoba. Pilihlah teman-teman yang shalih dan jauhi teman-teman yang buruk karena kondisi kita sangat bergantung pada siapa kita berteman. Teman yang baik akan menjaga kita dari perbuatan buruk dan selalu memotivasi kita untuk berbuat baik. Sedangkan teman yang buruk hanya akan meracuni kita dengan perbuatan-perbuatan buruknya.
HALAMAN SELANJUTNYA:


COMMENTS

Bidikindonesia

Iklan

Iklan

HUT BHAYANGKARA

HUT BHAYANGKARA

DPRA IDUL FITRI

DPRA IDUL FITRI

DPRA

DPRA

DPRK ACEH BESAR

DPRK ACEH BESAR
PUASA

DPRK KOTA BANDA ACEH

DPRK KOTA BANDA ACEH
HPN

DPRK ACEH BESAR

DPRK ACEH BESAR
Selamat Hari Lahir Pancasila

DPRK ACEH BESAR

DPRK ACEH BESAR

DPRK KOTA BANDA ACEH

DPRK KOTA BANDA ACEH

Bela Sungkawa Atas meninggalnya Ibunda Presiden RI

Bela Sungkawa Atas meninggalnya Ibunda Presiden RI

PKK

PKK
Name

( Pekalongan ).,1,( Sukadana ),1,(Pekalongan),1,*TEC Berikan Puluhan Ribu Masker dan Wastafel Portable Bagi Umat Hindu*,1,*YARA Aceh Utara Minta Polisi Selidiki Penggunaan Dana Covid-19*,1,177 Pendamping PKH Aceh Utara Dapat Perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan,1,20 KK Lagi Juga Terancam Longsor,1,200 Lapak Ludes,1,4 Mei 2020 menanggapi terkait pemberitaan media massa yang menyebutkan kas daerah Aceh Utara kosong,1,500 Paket Sembako Ketua IIPG Lampung,1,7 Miliar,1,7 Milyar,1,ABDULLAH,18,ABDYA,3,ACEH BARAT,10,ACEH BESAR,124,ACEH JAYA,44,ACEH NASIONAL,2,ACEH NEWS,4,ACEH SELATAN,8,ACEH SINGKIL,5,ACEH TAMIANG,181,ACEH TAMIANG KABAR DAERAH,2,Aceh tamiang news,5,ACEH TAMIANG PEMERINTAH NEWS,1,ACEH TAMIANG PEMERINTAHAN,1,ACEH TAMIANG POLISI NEWS,4,ACEH TAMIANNG,1,ACEH TAMUANNG,1,ACEH TENGAH,113,ACEH TENGARA,3,ACEH TENGGARA,1,ACEH TEUMING NEWS,3,aceh tim,1,ACEH TIMUR,111,aceh timur.,1,ACEH UTARA,66,aceh utaracm,1,ACEH. TAMIANG,4,Adventotlrial,1,ADVERTISER,23,advertorial,28,Advitorial,1,Advokat dari Lintas Organisasi Advokat di Wilayah Lhokseumawe,1,Agama,2,AIDS,1,Akibat Kurang Transparan.aceh utara,1,akl,1,Aktivis HAM : Jika Tidak Dihukum,1,Aktivis HAM : Kejahatan Rasisme dan Isu SARA adalah Kejahatan Kemanusiaan dan Musuh Internasional,1,Alfa record Orbit Penyanyi Aceh Omar,1,Amat Leumbeng Salurkan Bantuan Untuk Muslim Rohingya,1,APA YANG SALAH DENGAN PEMBANGUNAN KOTA LHOKSEUMAWE,1,ARTIS,3,b,1,Badai Hujan Angin Kencang petir Menumbangkan Pohon-Pohon Jalan di Aceh Timur,1,Ban,1,banda,1,BANDA ACEH,1582,Banda Aceh Headline News,24,Banda Aceh news,22,BANDAR LAMPUNG,5,BANJAR BARU,1,BANJIR,3,bank Aceh,1,Bank Aceh JANTHO,1,bank Aceh syariah,1,bantuan covid 19,1,Batahan News,40,Batam,1,Batanghari,2,BEM UNIVERSITAS MALIKUSSALEH MINTA PRESIDEN JOKO WIDODO TUNTASKAN KASUS PELANGGARAN HAM SIMPANG KKA ACEH,1,BENER MERIAH,133,Bhaktisosial,2,bidik indonesia,3,Bidik indonesia Nasional,8,BIREUEN,18,Birieun,1,BKKBN,2,BKKBN ACEH,10,Blang Pidie Aceh,1,Blangkejeren Aceh,1,BNN,6,BREAKING NEWS,86,brimob,1,Brimob polda kompi 3 yon c,1,Bung Karno,1,CAHAYA IMAN,7,Cara Unik Sosialisasi Covid 19,1,cibubur,1,covid-19,2,DAERAH,4,daerah Lampung,1,dan Bireuen bersatu dalam Forum Advokat Bersatu,1,Danrem Berikan Materi Kebangsaan dan Bantuan bibit 12000 Ekor Patin Dalam Kegiatan Serbuan Teritorial Kodim,1,Dareah Lampung,1,Desa,1,Diduga Bupati Rocky Tekan Pejabat Dinas Arahkan Proyek ke kroni dan keluarganya,1,Dimana Nurani,1,Dinilai Hanya mencari Sensasi Namun Konyol,1,DPC) Lembaga Anti Narkoba (LAN) Kota Lhokseumawe,1,DPR RI,1,DPRA,12,dpra news,10,DPRK,4,DPRK Ingatkan Ketua PDIP Aceh Utara Jangan Provokasi Rakyat.aceh utara,1,dr Spesialis Bedah RSU Sultan Abdul Aziz Syah Bantah Melakukan Asusila,1,DUNIA,29,EKONOMI,3,Entertaiment,2,f,2,faksi,1,FAKSI : Pelaku Pengeroyokan Warga Aceh di Tanggerang Harus Dihukum Mati,1,FAKSI Ajak Masyarakat dan Elemen Sipil Turun ke Jalan Demo Dana Covid Rp.30,1,FAKSI Desak Bupati Aceh Timur Segera Nonaktifkan Kadis S Tersangka Mesum,1,FAKSI Desak Bupati Aceh Timur Umumkan Penggunaan Anggaran Covid-19 Rp.30,1,FAKSI Desak KPK Audit Kekayaan Pejabat Di,1,Film,1,FPI,1,GAYO LUES,55,Gelar Buka Puasa Bersama Kaum Duafa Dan Anak Yatim Di Aceh Utara,1,Gerindra,1,gp tgk di balee,1,GRAM : Tangkap dan Penjarakan Siapapun Yang Bermain Dengan Dana Covid 19,1,GRAM Menilai Anggota DPRK Aceh Utara Anti Kritik,1,GRAM: Elit Politik di Aceh Lambat Loading,1,Haji Uma Jemput 33 TKI Asal Aceh yang Dikarantina di Medan,1,Hambat Tugas Jurnalistik,1,Headline,3,Headline news,15,HEALTH,9,Hj.Riana Sari: berharap pandemi covid segera berakhir,1,HMI,1,HPPMI MAROS SESALKAN PLN ( Persero ) ATAS KENAIKAN TARIF LISTRIK MASYARAKAT DI TENGAH PENDEMI COVID-19,1,HUKUM,8,i,1,Indonesia Nasional,3,INSPIRATIF,46,INVESTIGASI,5,Islam dan Pancasila.banda aceh,1,ISMED,1,Jabat PLT Golkar Lamsel,1,JAKARTA,28,Jakarta news,1,JARI Desak DPR Segera Sahkan RUU Praktik Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat,1,jasaraharja,1,Jawa Tengah,1,Jayapura,2,Jayapura Nasional,1,Kabar Aceh,7,KABAR DAERAH,3,Kadin,4,KALIMANTAN BARAT,1,Kalimat Selatan,1,KAMPUS NEWS,17,Kapolres,1,Kapolsek Tanah Luas Salurkan Bantuan Kemanusiaan Untuk Muslim Rohingya,1,Kebudayaan Aceh 2020,1,Kec.Braja Selebah,1,KEDIRI,1,kemenag,1,KNPI,1,KODIM 0117/ATAM,1,Kominfo,1,KOMPAK : berharap Shelter Di Blang Ado Kembali Difungsikan,1,KORBAN KEBAKARAN RUMAH DI GAMPONG TGK DIBALE TANAH LUAS TEMPATI RUMAH BARU.aceh utara,1,KOTA LANGSA,4,Kota Lhokseumawe,5,Kota lhoksumawe,1,KRIMINAL,23,KULINER NEWS,6,Kunjungan Kerja Pangkosek Hadudnas III Ke Detasemen Arhanud-001/CSBY,1,l news,1,LAMPUNG,116,LAMPUNG PESAWARAN,1,LAMPUNG PRINGSEWU,19,LAMPUNG SELATAN,22,LAMPUNG TANGGAMUS,3,Lampung Tengah,2,LAMPUNG TIMUR,25,LAMPUNG UTARA,33,LAMPUNG WAY KANAN,1,LANGSA,24,Langsa Aceh,2,Langsa News,1,Lapas,1,LAPUNG SELATAN,1,Lapung Tengah,1,LHOKSEUMAWE,85,Lhokseumawe Zona Merah,1,lhoksukon,2,LKPK,1,Madaraya,1,Mandailing Natal,13,maros,1,Masyarakat Bergerak,1,MEDAN,7,MEL,7,Merdu,2,MH Senin,1,MM,1,Modifikasi news,1,Muara Enim,1,MUHAMMAD FADHIL,2,mutasi 31 pejabat eselon 2 3 4,1,NAGAN RAYA,17,Nanggroe,1,Narkoba,2,NARKOTIKA,25,NASIONAL,59,NASIONAL KAMPUS NEWS,10,NASIONAL NEWS,28,natal news,3,new,5,NEWS,2412,OLAH RAGA,1,OPINI,14,OPINI : Restrukturisasi Bank Syariah Dalam Masa Covid 19 Pasca Pojk No.11/POJK.03/2020,1,Orang No.1 Kota Lhokseumawe Rayakan Ulang Tahun anaknya,1,PADANG,24,Pali,1,pangdam IM,1,Panggautan News,8,Panyabungan,1,PARIWARA,5,parlementaria,3,PASAMAN BARAT,1,pasar Inpres Lhokseumawe Terbakar,1,Pedagang berharap Pemerintah Segera Mengambil Kebijakan,1,PeduliYuk,2,Pejabat Bermasalah Munculkan Diskriminasi dan Gerusi Elektabilitas,1,PEMERINTAH NEWS,7,PEMERINTAHAN,9,pendidikan,2,PENDIDIKAN NEWS,10,Penyaluran bantuan pasca panik Untuk Pedagang Kebakaran pajak inpres Lhokseumawe diwarnai kericuhan,1,Penyaluran BLT Di Tanah Luas Aman Terkendali,1,PERISTIWA,65,PERTAMA DI ACEH,1,PERTANIAN,25,Pesawaran,10,PESISIR BARAT,2,phe.aceh utara,1,PIDIE,63,PIDIE JAYA,45,Pijay,4,PILKADA,158,PKN Aceh,1,Pohon Tumbang,1,Polda,13,Polda Aceh,7,POLITIK,96,Polres Aceh Utara Bantu Fakir Miskin DI Beberapa Desa Sekecamatan Tanah Luas Dalam Rangka Menyambut HUT Bhayangkara Ke 74,1,Polres Lhokseumawe Gelar Gelar Apel Gabungan Pemberian Penghargaan Kepada 54 Bhabinkantibmas Dan 100 Babinsa Berprestasi.,1,Polres Pringsewu,1,Polresta,1,Polri,6,Polri Dan Insan Pers,1,Polsek Pringsewu Kota,1,Polsek Tanah Luas Rilis Film Cinta Masker,1,PONTIANAK,1,POSO,1,PRINGAEWU,1,PRINGSEWU,70,Pringsewu Timur,1,PRINGSRWU,1,Pristiwa,1,Purbolinggo.,1,Raman Utara,1,Rapat Dengar Pendapat HPPMI Maros dan Panpel Prona/redist Menuai Titik Temu,1,Ratusan Eks Karyawan Exxonmobil Mengadu ke YARA,1,RECENT POSTS,10,Rilis Hits "Cinta Kelapa",1,Ronny : Kekerasan dan Pelanggaran HAM di Aceh Timur Terkesan Melukai Rasa Keadilan,1,SABANG,18,SAID SAIFUL,67,Satu Rumah Amblas Dikikis Erosi Sungai Keureto,1,SAVE ROHINGYA,2,Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Utara Abdul Aziz,1,Semua Pengungsi Rohingya Non Reaktif Covid-19 Setelah Rapid Test,1,Senator DPD RI Asal Aceh Kunjungi MTs Darul Muta'allimin di Rantau Peureulak,1,SH,1,Sidoarjo,1,Sigli,2,SIMEULUE,3,Siswa 14 tahun meninggal disambar petir di tanah luas,1,SOSIAL,2,SPORT,2,STYLE,46,Subulussalam,1,Sukabumi,1,sulawesi selatan,2,SULTENG,3,Sungai Leubok Pusaka Aceh Utara Diduga Tercemar Limbah Proyek Vital,1,Swap Test 90 Warga Kota Lhokseumawe oleh Team Gugus Tugas Covid-19,1,syamtalira bayu,1,T KHAIROL,10,Tahun Anggaran 2020 Baitul Mal Aceh Utara Bangun 273 Rumah Fakir Miskin,1,tanah luas,2,TANGGAMUS,3,TEC Ajak Umat Kristiani Lawan Covid-19,1,TEC Gelar Rapat Pleno Diperluas.lampung selatan,1,TEC Kembali Gelar Reses Bersama Tokoh Masyarakat Lampung Selatan.,1,TEC Sosialisasikan Perda Ketahanan Keluarga,1,Terkait Imigran Rohingya; Lembaga Kemanusiaan Eddie Foundation Quick Respon Salurkan Bantuan,1,Tidak ada KK dan KTP Penerima BLT-DD tahap satu Bu Sya'ah dilewatkan,1,TIPS,2,TMMD KE-105 TA 2019,1,tokoh,1,Treading Topic,2,TREDING TOPIC,1,TULANG BAWANG,17,TULANG BAWANG BARAT,1,uea,1,Unsyiah,2,Viral...,1,Wabup Fauzi Yusuf Resmikan BUMG Maju Bersama,1,wali Nanggroe Aceh,1,Warga Meragukan Kinerja Gechik Krueng Baroe Blang Mee,1,Wartawan Kecam Dan Desak TNI Di tarik dari lokasi Penampungan Rohingya,1,WAY KANAN,2,Webinar Aceh,1,wisata,2,yara,2,YARA Aceh Utara Somasi PIM.lhoksukon,1,YARA Desak Menteri ESDM Tarik SKK Migas Dari Aceh,1,YARA minta Pemkab Nagan Raya tindak lanjuti rekomendasi temuan BPK,1,YARA Temukan Kejanggalan di Bangunan Monumen dan Museum Samudera Pasai,1,YARA Terima kuasa hukum khusus dari pasien yang diduga korban pelecehan seorang oknum dokter d,1,YARA Terima Pengaduan Masyarakat Geudumbak Aceh Utara Terkait Pemalsuan Tanda Tangan,1,Yogyakarta,1,YPAP,1,Zubir HT : WTP Belum Memberikan Dampak Untuk Rakyat.aceh utara,1,zulfiyanda,1,
ltr
item
BIDIK INDONESIA: HUKUM NARKOBA MENURUT PANDANGAN ALQURAN DAN HADIST
HUKUM NARKOBA MENURUT PANDANGAN ALQURAN DAN HADIST
https://3.bp.blogspot.com/-SxE16mNiPHo/WGtXdqgXrgI/AAAAAAAAALY/tdZuyM1fS30ryXpXgm-h9TZUmI-UhxrmwCLcB/s320/NARKOBA.png
https://3.bp.blogspot.com/-SxE16mNiPHo/WGtXdqgXrgI/AAAAAAAAALY/tdZuyM1fS30ryXpXgm-h9TZUmI-UhxrmwCLcB/s72-c/NARKOBA.png
BIDIK INDONESIA
http://www.bidikindonesia.com/2017/01/hukum-narkoba-menurut-pandangan-alquran.html
http://www.bidikindonesia.com/
http://www.bidikindonesia.com/
http://www.bidikindonesia.com/2017/01/hukum-narkoba-menurut-pandangan-alquran.html
true
1287952297879094571
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy