DPRK KOTA BANDA ACEH

DPRK KOTA BANDA ACEH

Penerimaan Mahasiswa Baru

Penerimaan Mahasiswa Baru

KISAH NABI YUNUS A.S

Tidak banyak yang dikisahkan oleh Al-Quran tentang Nabi Yunus sebagaimana yang telah dikisahkan tentang nabi-nabi Musa, Yusuf dan lain-la...

Tidak banyak yang dikisahkan oleh Al-Quran tentang Nabi Yunus sebagaimana yang telah dikisahkan tentang nabi-nabi Musa, Yusuf dan lain-lain. Dan sepanjang yang dapat dicatat dan diceritakan oleh para sejarawan dan ahli tafsir tentang Nabi Yunus ialah bahawa beliau bernama Yunus bin Matta. Ia telah diutuskan oleh Allah untuk berdakwah kepada penduduk di sebuah tempat bernama "Ninawa" yang bukan kaumnya dan tidak pula ada ikatan darah dengan mereka. Ia merupakan seorang asing mendatang di tengah-tengah penduduk Ninawa itu. Ia menemui mereka berada di dalam kegelapan, kebodohan dan kekafiran, mereka menyembah berhala menyekutukan kepada Allah.
gambar : hanya ilustrasi semata

Yunus membawa ajaran tauhid dan iman kepada mereka, mengajak mereka agak menyembah kepada Allah yang telah menciptakan mereka dan menciptakan alam semesta, meninggalkan persembahan mereka kepada berhala-berhala yang mereka buat sendiri dari batu dan berhala-berhala yang tidak dapat membawanya manfaaat atau mudarat bagi mereka. Ia memperingatkan mereka bahawa mereka sebagai manusia makhluk Allah yang utama yang memperoleh kelebihan di atas makhluk-makhluk yang lain tidak sepatutnya merendahkan diri dengan menundukkan dahi dan wajah mereka menyembah batu-batu mati yang mereka pertuhankan, padahal itu semua buatan mereka sendiri yang kadang-kadang dan dapat dihancurkan dan diubah bentuk dan memodelnya. Ia mengajak mereka berfikir memperhatikan ciptaan Allah di dalam diri mereka sendiri, di dalam alam sekitar untuk menyedarkan mereka bahawa Tuhan pencipta itulah yang patut disembah dan bukannya benda-benda ciptaannya.

Ajaran-ajaran Nabi Yunus itu bagi para penduduk Ninawa merupakan hal yang baru yang belum pernah mereka dengar sebelumnya. Kerananya mereka tidak dapat menerimanya untuk menggantikan ajaran dan kepercayaan yang telah diwariskan oleh nenek moyang mereka yang sudah menjadi adat kebiasaaan mereka turun temurun. Apalagi pembawa agama itu adalah seorang asing tidak seketurunan dengan mereka.

Mereka berkata kepada Nabi Yunus: "Apakah kata-kata yang engkau ucapkan itu dan kedustaan apakah yang engkau anjurkan kepada kami tentang agama barumu itu? Inilah tuhan-tuhan kami yang sejati yang kami sembah dan disembahkan oleh nenek moyamg kami sejak dahulu. Alasan apakah yang membenarkan kami meninggalkan agama kami yang diwariskan oleh nenek moyang kami dan menggantikannya dengan agama barumu? Engkau adalah seorang yang ditengah-tengah kami yang datang untuk merusakkan adat istiadat kami dan mengubah agama kami dan apakah kelebihan kamu diatas kami yang memberimu alasan untuk mengurui dan mengajar kami. Hentikanlah aksimu dan ajak-ajakanmu di daerah kami ini. Percayalah bahawa engkau tidak akan dapat pengikut diantara kami dan bahawa ajaranmu tidak akan mendapat pasaran di antara rakyat Ninawa yang sangat teguh mempertahankan tradisi dan adat istiadat orang-orang tua kami."

Barkata Nabi Yunus menjawab: "Aku hanya mengajak kamu beriman dan bertauhid menurut agama yang aku bawa sebagai amanat Allah yang wajib ku sampaikan kepadamu. Aku hanya seorang pesuruh yang ditugaskan oleh Allah untuk mengangkat kamu dari lembah kesesatan dan kegelapan menuntun kamu ke jalan yang benar dan lurus menyampaikan kepada kamu agama yang suci bersih dari benih-benih kufur dan syirik yang merendahkan martabat manusia yang semata-mata untuk kebaikan kamu sendiri dan kebaikan anak cucumu kelak. Aku sesekali tidak mengharapkan sesuatu upah atau balas jasa daripadamu dan tidak pula menginginkan pangkat atau kedudukan. Aku tidak dapat memaksamu untuk mengikutiku dan melaksanakan ajaran-ajaranku. Aku hanya mengingatkan kepadamu bahawa bila kamu tetap membangkang dan tidak menghiraukan ajakanku , tetap menolak agama Allah yang aku bawa, tetap mempertahankan akidahmu dan agamamu yang bathil dan sesat itu, nescaya Allah kelak akan menunjukkan kepadamu tanda-tanda kebenaran risalahku dengan menurunkan azab seksa-Nya di atas kamu sebagaimana telah dialami oleh kaum terdahulu iaitu kaum Nuh, Aad dan Tsamud sebelum kamu.

Mereka menjawab peringatan Nabi Yunus dengan tentangan seraya mengatakan: "Kami tetap menolak ajakanmu dan tidak akan tunduk pada perintahmu atau mengikut kemahuanmu dan sesekali kami tidak akan takut akan segala ancamanmu. Cubalah datangkan apa yang engkau ancamkan itu kepada kami jika engkau memang benar dalam kata-katamu dan tidak mendustai kami."

Nabi Yunus tidak tahan tinggal dengan lebih lama di tengah-tengah kaum Ninawa yang berkeras kepala dan bersikap buta-tuli menghadapi ajaran dan dakwahnya. Ia lalu meninggalkan Ninawa dengan rasa jengkel dan marah seraya memohon kepada Allah untuk menjatuhkan hukumannya atas orang-orang yang membangkang dan berkeras kepala itu.

Sepeninggalan Nabi Yunus penduduk Ninawa mulai melihat tanda-tanda yang mencemaskan seakan-akan ancaman Nabi Yunus kepada mereka akan menjadi kenyataan dan hukuman Allah akan benar-benar jatuh di atas mereka membawa kehancuran dan kebinasaan sebagaimana yang telah dialami oleh kaum musyrikin penyembah berhala sebelum mereka. Mereka melihat keadaan udara disekeliling Ninawa makin menggelap, binatang-binatang peliharaan mereka nampak tidak tenang dan gelisah, wajah-wajah mereka tanpa disadari menjadi pucat tidak berdarah dan angin dari segala penjuru bertiup dengan kecangnya membawa suara gemuruh yang menakutkan.

Dalam keadaan panik dan ketakutan , sedarlah mereka bahawa Yunus tidak berdusta dalam kata-katanya dan bahawa apa yang diancamkan kepada mereka bukanlah ancaman kosong buatannya sendiri, tetapi ancaman dari Tuhan. Segeralah mereka menyatakan taubat dan memohon ampun atas segala perbuatan mereka, menyatakan beriman dan percaya kepada kebenaran dakwah Nabi Yunus seraya berasa menyesal atas perlakuan dan sikap kasar mereka yang menjadikan beliau marah dan meninggalkan daerah itu.
Untuk menebus dosa, mereka keluar dari kota dan beramai-ramai pergi ke bukit-bukit dan padang pasir, seraya menangis memohon ampun dan rahmat Allah agar dihindarkan dari bencana azab dan seksaan-Nya. Ibu binatang-binatang peliharaan mereka dipisahkan dari anak-anaknya sehingga terdengar suara teriakan binatang-binatang yang terpisah dari ibunya seolah-olah turut memohon keselamatan dari bencana yang sedang mengancam akan tiba menimpa mereka.

Allah yang Maha Mengetahui bahawa hamba-hamba-Nya itu jujur dalam taubatnya dan rasa sesalannya dan bahawa mereka memang benar-benar dan hatinya sudah kembali beriman dan dari hatinya pula memohon dihindarkan dari azab seksa-Nya, berkenan menurunkan rahmat-Nya dan mengurniakan maghfirat-Nya kepada hamba-hamba-Nya yang dengan tulus ikhlas menyatakan bertaubat dan memohon ampun atas segala dosanya. Udara gelap yang meliputi Ninawa menjadi terang, wajah-wajah yang pucat kembali merah dan ebrseri-seri dan binatang-binatang yang gelisah menjadi tenang, kemudian kembalilah orang-orang itu ke kota dan kerumah masing-masing dengan penuh rasa gembira dan syukur kepada Allah yang telah berkenan menerima doa dan permohonan mereka.

Berkatalah mereka didalam hati masing-masing setelah merasa tenang, tenteram dan aman dari malapetaka yang nyaris melanda mereka: "Di manakah gerangan Yunus sekarang berada? Mengapa kami telah tunduk kepada bisikan syaitan dan mengikuti hawa nafsu, menjadikan dia meninggalkan kami dengan rasa marah dan jengkel kerana sikap kami yang menentang dan memusuhinya. Alangkah bahagianya kami andaikan ia masih berada di tengah-tengah kami menuntun dan mengajari kami hal-hal yang membawa kebahagiaan kami di dunia dan di akhirat. Ia adalah benar-benar rasul dan nabi Allah yang telah kami sia-siakan. Semoga Allah mengampuni dosa kami."

Adapun tentang keadaan Nabi Yunus yang telah meninggalkan kota Ninawa secara mendadak, maka ia berjalan kaki mengembara naik gunung turun gunung tanpa tujuan. Tanpa disadari ia tiba-tiba berada disebuah pantai melihat sekelompok orang yang lagi bergegas-gegas hendak menumpang sebuah kapal. Ia minta dari pemilik kapal agar diperbolehkan ikut serta bersama lain-lain penumpang. Kapal segera melepaskan sauhnya dan meluncur dengan lajunya ke tengah laut yang tenang. Ketenangan laut itu tidak dapat bertahan lama, kerana sekonyong-konyong tergoncang dan terayunlah kapal itu oleh gelombang besar yang datang mendadak diikuti oleh tiupan angin taufan yang kencang, sehingga menjadikan juru mudi kapal berserta seluruh penumpangnya berada dalan keadaan panik ketakutan melihat keadaan kapal yang sudah tidak dapat dikuasai keseimbangannya.

Para penumpang dan juru mudi melihat tidak ada jalan untuk menyelamatkan keadaan jika keadaan cuaca tetap mengganas dan tidak mereda, kecuali dengan jalan meringankan beban berat muatan dengan mengorbankan salah seorang daripada para penumpang. Undian lalu dilaksanakan untuk menentukan siapakah di antara penumpang yang harus dikorbankan. Pada tarik pertama keluarlah nama Yunus, seorang penumpang yang mereka paling hormati dan cintai, sehingga mereka semua merasa berat untuk melemparkannya ke laut menjadi mangsa ikan.

Kemudian diadakanlah undian bagi kali kedua dengan masing-masing penumpang mengharapkan jangan sampai keluar lagi nama Yunus yang mereka sayangi itu, namun melesetlah harapan mereka dan keluarlah nama Yunus kembali pada undian yang kedua itu. Demikianlah bagi undian bagi kali yang ketiganya yang disepakati sebagai yang terakhir dan yang menentukan nama Yunuslah yang muncul yang harus dikorbankan untuk menyelamatkan kapal dan para penumpang yang lain.

Nabi Yunus yang dengan telitinya memperhatikan sewaktu undian dibuat merasa bahawa keputusan undian itu adalah kehendak Allah yang tidak dapat ditolaknya yang mungkin didalamnya terselit hikmah yang ia belum dapat menyelaminya. Yunus sedar pula pada saat itu bahawa ia telah melakukan dosa dengan meninggalkan Ninawa sebelum memperoleh perkenan Allah, sehingga mungkin keputusan undian itu adalah sebagai penebusan dosa yang ia lakukan itu. Kemudian ia beristikharah menghenimgkan cipta sejenak dan tanpa ragu segera melemparkan dirinya ke laut yang segera diterima oleh lipatan gelombang yang sedang mengamuk dengan dahsyatnya di bawah langit yang kelam-pekat.

Selagi Nabi Yunus berjuang melawan gelombang yang mengayun-ayunkannya, AllaH mewahyukan kepada seekor ikan paus untuk menelannya bulat-bulat dan menyimpangnya di dalam perut sebagai amanat Tuhan yang harus dikembalikannya utuh tidak tercedera kelak bila saatnya tiba.

Nabi Yunus yang berada di dalam perut ikan paus yang membawanya memecah gelombang timbul dan tenggelam ke dasar laut merasa sesak dada dan bersedih hati seraya memohon ampun kepada Allah atas dosa dan tindakan yang salah yang dilakukannya tergesa-gesa. Ia berseru didalam kegelapan perut ikan paus itu: "Ya Tuhanku, sesungguhnya tiada Tuhan selain Engkau, Maha sucilah Engkau dan sesungguhnya aku telah berdosa dan menjadi salah seorang dari mereka yang zalim."

Setelah selesai menjalani hukuman Allah , selama beberapa waktu yang telah ditentukan, ditumpahkanlah Nabi Yunus oleh ikan paus itu yang mengandungnya dan dilemparkannya ke darat, Ia terlempar dari mulut ikan ke pantai dalam keadaan kurus lemah dan sakit. Akan tetapi Allah dengan rahmat-Nya menumbuhkan di tempat ia terdampar sebuah pohon labu yang dapat menaungi Yunus dengan daun-daunnya dan menikmati buahnya.

Nabi Yunus setelah sembuh dan menjadi segar kembali diperintahkan oleh Allah agar pergi kembali mengunjungi Ninawa di mana seratus ribu lebih penduduknya mendamba-dambakan kedatangannya untuk memimpin mereka dan memberi tuntunan lebih lanjut untuk menyempurnakan iman dan aqidah mereka. Dan alangkah terkejutnya Nabi Yunus tatkala masuk Ninawa dan tidak melihat satu pun patung berhala berdiri. Sebaliknya ia menemui orang-orang yang dahulunya berkeras kepala menentangnya dan menolak ajarannya dan kini sudah menjadi orang-orang mukmin, soleh dan beribadah memuja-muji Allah s.w.t.

Pokok cerita tentang Yunus terurai di atas dikisahkan oleh Al-Quran dalam surah Yunus ayat 98, surah Al-Anbiaa' ayat 87, 88 dan surah Ash-Shaffaat ayat 139 sehingga ayat 148.

Pelajaran yang dapat dipetik dari kisah Nabi Yunus.

Bahawasannya seorang yang bertugas sebagai da'i - juru dakwah harus memiliki kesabaran dan tidak boleh cepat-cepat marah dan berputus asa bila dakwahnya tidak dapat sambutan yang selayaknya atau tidak segera diterima oleh orang-orang yang didakwahinya. Dalam keadaan demikian ia harus bersabar mengawal emosinya serta tetap meneruskan dakwahnya dengan bersikap bijaksana dan lemah lembut, sebagaimana firman Allah dalam surah An-Nahl ayat 125 yang bermaksud : "Serulah, berdakwahlah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik { sopan dan lemah lembut } ."

Di dalam diri Nabi Yunus Allah telah memberi contoh betapa ia telah disesalkan atas tindakannya yang tergesa-gesa kerana kehilangan kesabaran, meninggalkan kaum Ninawa, padahal mereka masih dapat disedarkan untuk menerima ajakannya andaikan ia tidak terburu-buru marah dan meninggalkan mereka tanpa berunding lebih dahulu dengan Allah yang telah mengutusnya.

Atas pelanggaran yang telah dilakukan tanpa sedar Allah telah memberi hukuman kepada Nabi Yunus berupa kurungan dalam perut ikan paus sebagai peringatan dan pengajaran agar tidak terulang lagi setelah ia diberi ampun dan disuruh kembali ke Ninawa melanjutkan dakwahnya.
HALAMAN SELANJUTNYA:


COMMENTS

Bidikindonesia

Iklan

Iklan

HUT BHAYANGKARA

HUT BHAYANGKARA

DPRA IDUL FITRI

DPRA IDUL FITRI

DPRA

DPRA

DPRK ACEH BESAR

DPRK ACEH BESAR
PUASA

DPRK KOTA BANDA ACEH

DPRK KOTA BANDA ACEH
HPN

DPRK ACEH BESAR

DPRK ACEH BESAR
Selamat Hari Lahir Pancasila

DPRK ACEH BESAR

DPRK ACEH BESAR

DPRK KOTA BANDA ACEH

DPRK KOTA BANDA ACEH

Bela Sungkawa Atas meninggalnya Ibunda Presiden RI

Bela Sungkawa Atas meninggalnya Ibunda Presiden RI

PKK

PKK
Name

( Pekalongan ).,1,( Sukadana ),1,(Pekalongan),1,*TEC Berikan Puluhan Ribu Masker dan Wastafel Portable Bagi Umat Hindu*,1,*YARA Aceh Utara Minta Polisi Selidiki Penggunaan Dana Covid-19*,1,177 Pendamping PKH Aceh Utara Dapat Perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan,1,20 KK Lagi Juga Terancam Longsor,1,200 Lapak Ludes,1,4 Mei 2020 menanggapi terkait pemberitaan media massa yang menyebutkan kas daerah Aceh Utara kosong,1,500 Paket Sembako Ketua IIPG Lampung,1,7 Miliar,1,7 Milyar,1,ABDULLAH,18,ABDYA,3,ACEH BARAT,10,ACEH BESAR,124,ACEH JAYA,44,ACEH NASIONAL,2,ACEH NEWS,4,ACEH SELATAN,8,ACEH SINGKIL,5,ACEH TAMIANG,181,ACEH TAMIANG KABAR DAERAH,2,Aceh tamiang news,5,ACEH TAMIANG PEMERINTAH NEWS,1,ACEH TAMIANG PEMERINTAHAN,1,ACEH TAMIANG POLISI NEWS,4,ACEH TAMIANNG,1,ACEH TAMUANNG,1,ACEH TENGAH,113,ACEH TENGARA,3,ACEH TENGGARA,1,ACEH TEUMING NEWS,3,aceh tim,1,ACEH TIMUR,111,aceh timur.,1,ACEH UTARA,66,aceh utaracm,1,ACEH. TAMIANG,4,Adventotlrial,1,ADVERTISER,23,advertorial,28,Advitorial,1,Advokat dari Lintas Organisasi Advokat di Wilayah Lhokseumawe,1,Agama,2,AIDS,1,Akibat Kurang Transparan.aceh utara,1,akl,1,Aktivis HAM : Jika Tidak Dihukum,1,Aktivis HAM : Kejahatan Rasisme dan Isu SARA adalah Kejahatan Kemanusiaan dan Musuh Internasional,1,Alfa record Orbit Penyanyi Aceh Omar,1,Amat Leumbeng Salurkan Bantuan Untuk Muslim Rohingya,1,APA YANG SALAH DENGAN PEMBANGUNAN KOTA LHOKSEUMAWE,1,ARTIS,3,b,1,Badai Hujan Angin Kencang petir Menumbangkan Pohon-Pohon Jalan di Aceh Timur,1,Ban,1,banda,1,BANDA ACEH,1582,Banda Aceh Headline News,24,Banda Aceh news,22,BANDAR LAMPUNG,5,BANJAR BARU,1,BANJIR,3,bank Aceh,1,Bank Aceh JANTHO,1,bank Aceh syariah,1,bantuan covid 19,1,Batahan News,40,Batam,1,Batanghari,2,BEM UNIVERSITAS MALIKUSSALEH MINTA PRESIDEN JOKO WIDODO TUNTASKAN KASUS PELANGGARAN HAM SIMPANG KKA ACEH,1,BENER MERIAH,133,Bhaktisosial,2,bidik indonesia,3,Bidik indonesia Nasional,8,BIREUEN,18,Birieun,1,BKKBN,2,BKKBN ACEH,10,Blang Pidie Aceh,1,Blangkejeren Aceh,1,BNN,6,BREAKING NEWS,86,brimob,1,Brimob polda kompi 3 yon c,1,Bung Karno,1,CAHAYA IMAN,7,Cara Unik Sosialisasi Covid 19,1,cibubur,1,covid-19,2,DAERAH,4,daerah Lampung,1,dan Bireuen bersatu dalam Forum Advokat Bersatu,1,Danrem Berikan Materi Kebangsaan dan Bantuan bibit 12000 Ekor Patin Dalam Kegiatan Serbuan Teritorial Kodim,1,Dareah Lampung,1,Desa,1,Diduga Bupati Rocky Tekan Pejabat Dinas Arahkan Proyek ke kroni dan keluarganya,1,Dimana Nurani,1,Dinilai Hanya mencari Sensasi Namun Konyol,1,DPC) Lembaga Anti Narkoba (LAN) Kota Lhokseumawe,1,DPR RI,1,DPRA,12,dpra news,10,DPRK,4,DPRK Ingatkan Ketua PDIP Aceh Utara Jangan Provokasi Rakyat.aceh utara,1,dr Spesialis Bedah RSU Sultan Abdul Aziz Syah Bantah Melakukan Asusila,1,DUNIA,29,EKONOMI,3,Entertaiment,2,f,2,faksi,1,FAKSI : Pelaku Pengeroyokan Warga Aceh di Tanggerang Harus Dihukum Mati,1,FAKSI Ajak Masyarakat dan Elemen Sipil Turun ke Jalan Demo Dana Covid Rp.30,1,FAKSI Desak Bupati Aceh Timur Segera Nonaktifkan Kadis S Tersangka Mesum,1,FAKSI Desak Bupati Aceh Timur Umumkan Penggunaan Anggaran Covid-19 Rp.30,1,FAKSI Desak KPK Audit Kekayaan Pejabat Di,1,Film,1,FPI,1,GAYO LUES,55,Gelar Buka Puasa Bersama Kaum Duafa Dan Anak Yatim Di Aceh Utara,1,Gerindra,1,gp tgk di balee,1,GRAM : Tangkap dan Penjarakan Siapapun Yang Bermain Dengan Dana Covid 19,1,GRAM Menilai Anggota DPRK Aceh Utara Anti Kritik,1,GRAM: Elit Politik di Aceh Lambat Loading,1,Haji Uma Jemput 33 TKI Asal Aceh yang Dikarantina di Medan,1,Hambat Tugas Jurnalistik,1,Headline,3,Headline news,15,HEALTH,9,Hj.Riana Sari: berharap pandemi covid segera berakhir,1,HMI,1,HPPMI MAROS SESALKAN PLN ( Persero ) ATAS KENAIKAN TARIF LISTRIK MASYARAKAT DI TENGAH PENDEMI COVID-19,1,HUKUM,8,i,1,Indonesia Nasional,3,INSPIRATIF,46,INVESTIGASI,5,Islam dan Pancasila.banda aceh,1,ISMED,1,Jabat PLT Golkar Lamsel,1,JAKARTA,28,Jakarta news,1,JARI Desak DPR Segera Sahkan RUU Praktik Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat,1,jasaraharja,1,Jawa Tengah,1,Jayapura,2,Jayapura Nasional,1,Kabar Aceh,7,KABAR DAERAH,3,Kadin,4,KALIMANTAN BARAT,1,Kalimat Selatan,1,KAMPUS NEWS,17,Kapolres,1,Kapolsek Tanah Luas Salurkan Bantuan Kemanusiaan Untuk Muslim Rohingya,1,Kebudayaan Aceh 2020,1,Kec.Braja Selebah,1,KEDIRI,1,kemenag,1,KNPI,1,KODIM 0117/ATAM,1,Kominfo,1,KOMPAK : berharap Shelter Di Blang Ado Kembali Difungsikan,1,KORBAN KEBAKARAN RUMAH DI GAMPONG TGK DIBALE TANAH LUAS TEMPATI RUMAH BARU.aceh utara,1,KOTA LANGSA,4,Kota Lhokseumawe,5,Kota lhoksumawe,1,KRIMINAL,23,KULINER NEWS,6,Kunjungan Kerja Pangkosek Hadudnas III Ke Detasemen Arhanud-001/CSBY,1,l news,1,LAMPUNG,116,LAMPUNG PESAWARAN,1,LAMPUNG PRINGSEWU,19,LAMPUNG SELATAN,22,LAMPUNG TANGGAMUS,3,Lampung Tengah,2,LAMPUNG TIMUR,25,LAMPUNG UTARA,33,LAMPUNG WAY KANAN,1,LANGSA,24,Langsa Aceh,2,Langsa News,1,Lapas,1,LAPUNG SELATAN,1,Lapung Tengah,1,LHOKSEUMAWE,85,Lhokseumawe Zona Merah,1,lhoksukon,2,LKPK,1,Madaraya,1,Mandailing Natal,13,maros,1,Masyarakat Bergerak,1,MEDAN,7,MEL,7,Merdu,2,MH Senin,1,MM,1,Modifikasi news,1,Muara Enim,1,MUHAMMAD FADHIL,2,mutasi 31 pejabat eselon 2 3 4,1,NAGAN RAYA,17,Nanggroe,1,Narkoba,2,NARKOTIKA,25,NASIONAL,59,NASIONAL KAMPUS NEWS,10,NASIONAL NEWS,28,natal news,3,new,5,NEWS,2412,OLAH RAGA,1,OPINI,14,OPINI : Restrukturisasi Bank Syariah Dalam Masa Covid 19 Pasca Pojk No.11/POJK.03/2020,1,Orang No.1 Kota Lhokseumawe Rayakan Ulang Tahun anaknya,1,PADANG,24,Pali,1,pangdam IM,1,Panggautan News,8,Panyabungan,1,PARIWARA,5,parlementaria,3,PASAMAN BARAT,1,pasar Inpres Lhokseumawe Terbakar,1,Pedagang berharap Pemerintah Segera Mengambil Kebijakan,1,PeduliYuk,2,Pejabat Bermasalah Munculkan Diskriminasi dan Gerusi Elektabilitas,1,PEMERINTAH NEWS,7,PEMERINTAHAN,9,pendidikan,2,PENDIDIKAN NEWS,10,Penyaluran bantuan pasca panik Untuk Pedagang Kebakaran pajak inpres Lhokseumawe diwarnai kericuhan,1,Penyaluran BLT Di Tanah Luas Aman Terkendali,1,PERISTIWA,65,PERTAMA DI ACEH,1,PERTANIAN,25,Pesawaran,10,PESISIR BARAT,2,phe.aceh utara,1,PIDIE,63,PIDIE JAYA,45,Pijay,4,PILKADA,158,PKN Aceh,1,Pohon Tumbang,1,Polda,13,Polda Aceh,7,POLITIK,96,Polres Aceh Utara Bantu Fakir Miskin DI Beberapa Desa Sekecamatan Tanah Luas Dalam Rangka Menyambut HUT Bhayangkara Ke 74,1,Polres Lhokseumawe Gelar Gelar Apel Gabungan Pemberian Penghargaan Kepada 54 Bhabinkantibmas Dan 100 Babinsa Berprestasi.,1,Polres Pringsewu,1,Polresta,1,Polri,6,Polri Dan Insan Pers,1,Polsek Pringsewu Kota,1,Polsek Tanah Luas Rilis Film Cinta Masker,1,PONTIANAK,1,POSO,1,PRINGAEWU,1,PRINGSEWU,70,Pringsewu Timur,1,PRINGSRWU,1,Pristiwa,1,Purbolinggo.,1,Raman Utara,1,Rapat Dengar Pendapat HPPMI Maros dan Panpel Prona/redist Menuai Titik Temu,1,Ratusan Eks Karyawan Exxonmobil Mengadu ke YARA,1,RECENT POSTS,10,Rilis Hits "Cinta Kelapa",1,Ronny : Kekerasan dan Pelanggaran HAM di Aceh Timur Terkesan Melukai Rasa Keadilan,1,SABANG,18,SAID SAIFUL,67,Satu Rumah Amblas Dikikis Erosi Sungai Keureto,1,SAVE ROHINGYA,2,Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Utara Abdul Aziz,1,Semua Pengungsi Rohingya Non Reaktif Covid-19 Setelah Rapid Test,1,Senator DPD RI Asal Aceh Kunjungi MTs Darul Muta'allimin di Rantau Peureulak,1,SH,1,Sidoarjo,1,Sigli,2,SIMEULUE,3,Siswa 14 tahun meninggal disambar petir di tanah luas,1,SOSIAL,2,SPORT,2,STYLE,46,Subulussalam,1,Sukabumi,1,sulawesi selatan,2,SULTENG,3,Sungai Leubok Pusaka Aceh Utara Diduga Tercemar Limbah Proyek Vital,1,Swap Test 90 Warga Kota Lhokseumawe oleh Team Gugus Tugas Covid-19,1,syamtalira bayu,1,T KHAIROL,10,Tahun Anggaran 2020 Baitul Mal Aceh Utara Bangun 273 Rumah Fakir Miskin,1,tanah luas,2,TANGGAMUS,3,TEC Ajak Umat Kristiani Lawan Covid-19,1,TEC Gelar Rapat Pleno Diperluas.lampung selatan,1,TEC Kembali Gelar Reses Bersama Tokoh Masyarakat Lampung Selatan.,1,TEC Sosialisasikan Perda Ketahanan Keluarga,1,Terkait Imigran Rohingya; Lembaga Kemanusiaan Eddie Foundation Quick Respon Salurkan Bantuan,1,Tidak ada KK dan KTP Penerima BLT-DD tahap satu Bu Sya'ah dilewatkan,1,TIPS,2,TMMD KE-105 TA 2019,1,tokoh,1,Treading Topic,2,TREDING TOPIC,1,TULANG BAWANG,17,TULANG BAWANG BARAT,1,uea,1,Unsyiah,2,Viral...,1,Wabup Fauzi Yusuf Resmikan BUMG Maju Bersama,1,wali Nanggroe Aceh,1,Warga Meragukan Kinerja Gechik Krueng Baroe Blang Mee,1,Wartawan Kecam Dan Desak TNI Di tarik dari lokasi Penampungan Rohingya,1,WAY KANAN,2,Webinar Aceh,1,wisata,2,yara,2,YARA Aceh Utara Somasi PIM.lhoksukon,1,YARA Desak Menteri ESDM Tarik SKK Migas Dari Aceh,1,YARA minta Pemkab Nagan Raya tindak lanjuti rekomendasi temuan BPK,1,YARA Temukan Kejanggalan di Bangunan Monumen dan Museum Samudera Pasai,1,YARA Terima kuasa hukum khusus dari pasien yang diduga korban pelecehan seorang oknum dokter d,1,YARA Terima Pengaduan Masyarakat Geudumbak Aceh Utara Terkait Pemalsuan Tanda Tangan,1,Yogyakarta,1,YPAP,1,Zubir HT : WTP Belum Memberikan Dampak Untuk Rakyat.aceh utara,1,zulfiyanda,1,
ltr
item
BIDIK INDONESIA: KISAH NABI YUNUS A.S
KISAH NABI YUNUS A.S
https://4.bp.blogspot.com/-aB0bpCZ5Ymg/WJ7RVHfFpfI/AAAAAAAAB5k/CACkmHpalJMWYHSBwiaRfO64Tg1V-WzdgCLcB/s320/IKAN.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-aB0bpCZ5Ymg/WJ7RVHfFpfI/AAAAAAAAB5k/CACkmHpalJMWYHSBwiaRfO64Tg1V-WzdgCLcB/s72-c/IKAN.jpg
BIDIK INDONESIA
http://www.bidikindonesia.com/2017/02/kisah-nabi-yunus-as.html
http://www.bidikindonesia.com/
http://www.bidikindonesia.com/
http://www.bidikindonesia.com/2017/02/kisah-nabi-yunus-as.html
true
1287952297879094571
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy