Gampong Lampaloh Dicanangkan Gampong Bersinar di Banda Aceh

B anda Aceh, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia Komjen Heru Winarko mengatakan dalam memberantas penyalah...




Banda Aceh, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia Komjen Heru Winarko mengatakan dalam memberantas penyalahgunaan narkoba semua pihak harus bekerjasama. Katanya kebersamaan menjadi hal penting agar memiliki kekuatan memerangi barang haram tersebut.

“Yang palin penting kita harus bersama agar lebih kuat. Karena narkoba itu seperti hantu, ada tapi tidak kelihatan,” ujar Komjen Heru Winarko saat melakukan Pencanangan Gampong Lampaloh, sebagai Gampong Bersih Narkoba (Bersinar), bersama Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman dan Kepala BNN Provinsi Aceh, Brigjen Pol Drs Faisal Abdul Naser  di halaman Menasah gampong setempat, Kamis (11/4/2019).

Komjen Heru juga sependapat dengan Wali Kota dimana pemberdayaan ekonomi masyarakat menjadi salah satu kunci sukses dari program ini.

“Banyak kita temukan di sejumlah daerah yang jadi pengedar narkoba itu Ibu-ibu. Karena kondisi ekonomi membuat mereka nekat menjadi pengedar untuk mendapatkan uang. Jadi, Saya setuju memberdayakan Ibu-ibu lewat kerajinan agar memiliki penghasilan, ini salah-satu solusi. Saya apreaiasi apa yang telah dilakukan Pak Wali dan Ibu Wali lewat Dekranasda,” kata Komjen Heru Winarko.

Dalam kesempatan ini, Jenderal bintang tiga ini juga menegaskan pentingnya peran masyarakat, mulai dari Kepala Desa, perangkat hingga keluarga.

“Kalau ada anak-anak kita yang kedapatan menggunakan narkoba, masyarakat harus seperti apa. Ada yang perlu dibina, ada yang perlu diselidiki dulu apakah sudah dilevel pengedar, bandar atau masih coba-coba,” ujarnya.

Kepala BNN Pusat ini menegaskan, para pengedar dan bandar boleh tembak ditempat. Tapi bagi yang masih tahap coba-coba perlu dilakukan pembinaan.

“Kalau yang bandar dan pengedar tembak ditempat. Tapi yang masih coba coba atau pemakai harus dibina. Karenanya Saya minta BNNK dan Pemko dapat memikirkan solusi untuk tempat rehabilitasi. Mungkin bisa dimanfaatkan rumah sakit dan Puskesmas sabagai solusi tempat rehab,” pintanya.

Sementara itu, Walikota Banda Aceh Aminullah Usman mengatakan, Lampaloh merupakan gampong terkecil di Banda Aceh. Luasnya hanya 15 Hektar dengan jumlah penduduk 662 orang. Gampong yang dipimpin Keuchik Adi Isnaini ini hanya ditempati 160 Kepala Keluarga. 

Gampong ini boleh saja kalah dari sisi luas wilayah atau jumlah penduduk, namun unggul dalam sejumlah program pembangunan. Setelah di deklarasikan sebagai Gampong Layak Anak dan Gampong KB beberapa waktu yang lalu, kini Lampaloh dicanangkan sebagai Gampong Bersih Narkoba (Bersinar). 

Wali Kota sendiri mengungkapkan kekagumannya kepada pemerintah gampong dan warga Lampaloh atas pencanangan sebagai Gampong Bersinar.

Kata Aminullah, dari 90 Gampong di Banda Aceh, Lampaloh menjadi gampong pertama yang dicanangkan sebagai Gampong Bersinar. 

“Memang kita telah mendeklarasikan 90 gampong sebagai Gampong Anti Narkoba. Tapi Gampong Bersinar, baru Lampaloh dan ini jadi yang pertama di Banda Aceh. Layak dicontoh oleh gampong lainnya,” ungkap Aminullah.

Kepada Kepala BNN Republik Indonesia, Wali Kota sepintas menyampaikan program yang yelah dilakukan Pemko Banda Aceh dalam memerangi Narkoba. Katanya, sesuai visi misi Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariah yang prioritas pembangunannya pada sektor agama, ekonomi dan pendidikan, Pemko terus berupaya memberantas penyalahgunaan narkoba di seluruh Banda Aceh.

“Dari tiga sektor ini memiliki hubungan erat dengan pemberantasan narkoba. Program zikir telah menggema diseluruh pelosok kota. Kita ingin lewat zikir, masyarakat meningkat ketaqwaannya kepada Allah SWT dan pasti menjauhi narkoba. Lewat pendidikan, terus dilakukan sosialisasi ke sekolah sekolah, baik oleh BNN Kota maupun Pemko sendiri lewat Kesbangpolinmas. Begitu juga di sektor ekonomi, masyarakat kecil kita beri modal usaha lewat MMS dan saat ini angka kemiskinan menurun di Banda Aceh menjadi 7,44 % dari dua tahun sebelumnya 12 %,” ujar Wali Kota.

Wali Kota meyakini, lewat tiga program prioritas tersebut masyarakat kota Banda Aceh akan menjauhi narkoba.

Kemudian, Wali Kota juga menyebutkan Pemko terus mendorong lahirnya Ormas-Ormas yang menjadi mitra pemerintah dalam memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

“Sudah banyak lahir Ormas anti narkoba, ada GERGANA, IKAN dan lainnya,” ungkap Wali Kota.

HALAMAN SELANJUTNYA:


COMMENTS

Bidikindonesia
Name

ABDULLAH,18,ABDYA,3,ACEH BARAT,6,ACEH BESAR,112,ACEH JAYA,41,ACEH NASIONAL,1,ACEH NEWS,1,ACEH SELATAN,7,ACEH SINGKIL,4,ACEH TAMIANG,174,ACEH TAMIANG KABAR DAERAH,2,Aceh tamiang news,5,ACEH TAMIANG PEMERINTAH NEWS,1,ACEH TAMIANG PEMERINTAHAN,1,ACEH TAMIANG POLISI NEWS,4,ACEH TAMIANNG,1,ACEH TAMUANNG,1,ACEH TENGAH,106,ACEH TENGARA,3,ACEH TENGGARA,1,ACEH TEUMING NEWS,2,ACEH TIMUR,81,ACEH UTARA,40,ACEH. TAMIANG,4,ADVERTISER,22,Advitorial,1,ARTIS,1,b,1,Ban,1,banda,1,BANDA ACEH,1427,Banda Aceh Headline News,13,Banda Aceh news,2,BANDAR LAMPUNG,4,BANJIR,3,Batahan News,38,BENER MERIAH,60,Bidik indonesia Nasional,5,BIREUEN,17,Blang Pidie Aceh,1,Blangkejeren Aceh,1,BNN,6,BREAKING NEWS,81,CAHAYA IMAN,7,DAERAH,3,DPRA,8,DPRK,1,DUNIA,27,EKONOMI,2,Entertaiment,2,f,2,GAYO LUES,51,Headline,3,Headline news,11,HEALTH,9,HUKUM,3,Indonesia Nasional,3,INSPIRATIF,46,INVESTIGASI,5,ISMED,1,JAKARTA,12,Jayapura,2,Jayapura Nasional,1,KABAR DAERAH,1,KAMPUS NEWS,17,KEDIRI,1,KOTA LANGSA,3,KRIMINAL,19,KULINER NEWS,6,LAMPUNG,23,LAMPUNG PESAWARAN,1,LAMPUNG PRINGSEWU,17,LAMPUNG SELATAN,18,LAMPUNG TANGGAMUS,3,LAMPUNG TIMUR,1,LAMPUNG UTARA,3,LAMPUNG WAY KANAN,1,LANGSA,21,Langsa Aceh,2,Langsa News,1,LAPUNG SELATAN,1,LHOKSEUMAWE,70,Mandailing Natal,12,MEDAN,7,MEL,7,Modifikasi news,1,MUHAMMAD FADHIL,2,NAGAN RAYA,13,NARKOTIKA,21,NASIONAL,52,NASIONAL KAMPUS NEWS,10,NASIONAL NEWS,26,natal news,3,new,5,NEWS,2057,OLAH RAGA,1,OPINI,9,PADANG,24,Panggautan News,8,Panyabungan,1,PARIWARA,5,PASAMAN BARAT,1,PEMERINTAH NEWS,7,PEMERINTAHAN,2,pendidikan,1,PENDIDIKAN NEWS,10,PERISTIWA,63,PERTANIAN,25,PESISIR BARAT,2,PIDIE,60,PIDIE JAYA,42,PILKADA,158,POLITIK,95,POSO,1,PRINGAEWU,1,PRINGSEWU,10,PRINGSRWU,1,Pristiwa,1,RECENT POSTS,10,SABANG,13,SAID SAIFUL,66,SIMEULUE,1,SOSIAL,2,SPORT,2,STYLE,46,Subulussalam,1,Sukabumi,1,SULTENG,3,T KHAIROL,7,TANGGAMUS,3,TIPS,2,Treading Topic,2,TREDING TOPIC,1,TULANG BAWANG,11,TULANG BAWANG BARAT,1,WAY KANAN,2,wisata,2,
ltr
item
BIDIK INDONESIA: Gampong Lampaloh Dicanangkan Gampong Bersinar di Banda Aceh
Gampong Lampaloh Dicanangkan Gampong Bersinar di Banda Aceh
https://3.bp.blogspot.com/-mORB4rCRJOA/XLRU4kYL4ZI/AAAAAAAALu8/oCGeevRD7bw_-gZ2Vj1M3h5kvyG01u_wgCLcBGAs/s640/paloh3.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-mORB4rCRJOA/XLRU4kYL4ZI/AAAAAAAALu8/oCGeevRD7bw_-gZ2Vj1M3h5kvyG01u_wgCLcBGAs/s72-c/paloh3.jpg
BIDIK INDONESIA
http://www.bidikindonesia.com/2019/04/gampong-lampaloh-dicanangkan-gampong.html
http://www.bidikindonesia.com/
http://www.bidikindonesia.com/
http://www.bidikindonesia.com/2019/04/gampong-lampaloh-dicanangkan-gampong.html
true
1287952297879094571
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy