Darul Ikhsan Penerimaan Santriwan/wati Baru

Darul Ikhsan Penerimaan Santriwan/wati Baru

DARUL IKHSAN

DARUL IKHSAN

Aktivis Anti Korupsi dan wartawan di Agara didiskriminalisasi.

 Kriminalisasi Aktivis Anti Korupsi dan wartawan di Agara . Aceh Tenggara: Pegiat atau Aktivis Anti Korupsi tidak memiliki batasan defini...

 Kriminalisasi Aktivis Anti Korupsi dan wartawan di Agara .

Aceh Tenggara: Pegiat atau Aktivis Anti Korupsi tidak memiliki batasan definisi yang jelas dalam aturan
hukum manapun.Hal tersebut disampaikan Amri Sinulingga keopada media ini dalam memberikan paparan tentang pemahaman tentang aktivitas anti korupsi dan wartawan,serta diskusi dengan wartawan media ini di sebuah cafe di kutacane beberapa waktu lalu.Alasan kenapa memberikan pemahaman yang jelas baik aturan hukum,menurut aktivis ini untuk memberikan literasi yang baik kepada masyarakat maupun pemangku hukum dinegeri ini.äpalagi remaja sekarang masih belum memahami hukum dan literasi hukum.maka penjelasannya kepada media selaluyi di buat narasi lieterasi yang panjang dan mengurai permasalahan hukum"kata Amri dihadapan beberapa aktivis anti korupsi.
Dijelaskan Amri Sinumlingga,

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Pegiat atau Aktivis sendiri merupakan
orang (anggota organisasi politik, sosial, buruh, petani, pemuda, mahasiswa, perempuan)
yang bekerja aktif mendorong pelaksanaan sesuatu atau berbagai kegiatan di organisasinya.
Sedangkan anti korupsi berarti sikap atau perilaku yang menentang terhadap adanya korupsi yang
merugikan keuangan negara dan perekonomian negara. Jadi secara garis besar pegiat atau aktivis
anti korupsi merupakan orang yang aktif mendorong adanya suatu sikap atau perilaku untuk menentang adanya korupsi yang menyebabkan kerugian negara atau perekonomian negara.

Dalam pandangan internasional, pegiat anti korupsi merupakan salah satu bagian dalam kategori
Pembela Hak Asasi Manusia (Human Rights Defender) berdasarkan UN Declaration on Human Rights
Defenders. Sebab, pegiat anti korupsi memiliki fokus pada tata kelola pemerintahan yang baik
sehingga berkurangnya penyalahgunaan wewenang yang dilakukan oleh pejabat guna memastikan implementasi terhadap standar HAM terpenuhi.

Sebagai bagian dari pembela HAM, pegiat anti korupsi juga mengalami banyak tantangan dan
hambatan. Khusus yang terjadi di Aceh Tenggara, pegiat anti korupsi seringkali menjadi sasaran kriminalisasi dan kekerasan pada saat menyampaikan atau mengungkap perihal terjadinya sebuah peristiwa korupsi. Serangan ini merupakan salah satu bentuk perlawanan balik dari para pihak yang
terlibat melakukan korupsi atau biasa dikenal dengan istilah Corruptor Fight Back.

Penggiat anti korupsi bisa juga diartikan sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam memberantas korupsi. Jika merujuk pada tata perundangan-undangan yang berlaku di Indonesia, partisipasi publik
merupakan hak masyarakat yang harus mendapatkan perlindungan negara. Dari mulai hak untuk
mencari, memperoleh dan memberikan informasi, termasuk memberikan saran kepada penegak
hukum untuk menjalankan agenda pemberantasan korupsi. Ironisnya, fakta-fakta berkata sebaliknya.

Jika klasifikasi ancaman yang diterima oleh pegiat anti korupsi dibuat lebih spesifik, pembakaran beberapa rumah dan mobil pegiat Anti korupsi di Aceh Tenggara (Agara), malah aktivis anti korupsi dilaporkan ke polisi dengan pasal pencemaran
nama baik.

Amri Sinulingga Aktivis Anti Korupsi di Agara ketika diminta tanggapannya mengatakan, di Agara ada sebanyak 6 kali teror pembakaran rumah dan mobil para pegiat, diantaranya, Mahadi Pinem wartawan harian Waspada mobil miliknya yang parkir diteras rumah dibakar OTK, Kasirin Sekedang, S.Ag Ketua LSM SRDK rumahnya dibakar OTK, Arafik Beruh, S.HI Ketua LSM GAKAG mobil Avanza miliknya parkir diteras rumah dibakar OTK, Amri Sinulingga Aktivis Anti Korupsi rumah yang dia tempati bersama keluarga dibakar oleh OTK, Asnawi Luwi wartawan Serambi Indonesia yang baru-baru  ini mobil dan rumahnya dibakar oleh OTK dan Kantor PWI juga dibakar oleh OTK. Kata Amri kepada wartawan.

Dari kesemua kejadian itu sampai saat ini pihak Polisi belum satupun bisa mengungkapnya, bahkan ironisnya saat ini Amri Sinulingga diduga dikriminalisasi untuk kedua kalinya oleh polisi dan M. Ridwan Sekda Agara
yang diadukan dengan dalil pencemaran nama baik, padahal kasus korupsi APBD Agara Tahun 2004-2006 itu nyata-nyata M.Ridwan dibawah sumpah mengakui ada menerima sejumlah uang dan uang tersebut sudah dia kembalikan kepada KPK.

Pun demikian ada beberapa kasus besar  yang
kasusnya diduga tidak jelas perkembangannya dan diduga mangkrak di Polres Agara diantaranya adalah:
1. Laporan Polisi Nomor: LP/B/164/V/2017/ACEH/RES AGARA, tanggal 17 Mei 2017 dan pada tanggal 26 November 2018 inisial MI dan DS  sudah berstatus tersangka dalam perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi, namun sampai hari ini para tersangka masih menghirup udara bebas.
2. Laporan Polisi Nomor: LP/B/197/IX/2018/ACEH/RES AGARA, tanggal 5 September 2018 terlapor inisial B dkk tindak pidana Penyerobotan Tanah.
3. Laporan Polisi Nomor: LP/B/65/III/2018/ACEH/RES AGARA, tanggal 22 Maret 2018 Tindak Pidana Pembakaran Rumah Aktivis Anti Korupsi.
4. Laporan Polisi Nomor: LP/B/88/III/2019/ACEH/RES AGARA, tanggal 11 Maret 2019 terlapor inisial RF seorang PNS Tindak Pidana Pengrusakan.
5. Laporan Polisi Nomor: LP/B/36/I/2019/ACEH/RES AGARA, tanggal 26 Januari 2019 terlapor inisial ND Tindak Pidana Penggelapan.
6. Laporan Polisi Nomor: LP/B/110/IV/2019/ACEH/RES AGARA, tanggal 1 April 2019 terlapor inisial SH Tindak Pidana Penggelapan.
7. Laporan Polisi Nomor: LP/B/167/VI/2019/ACEH/RES AGARA/SEK BBS, tanggal 30 Januari 2019 terlapor inisial S Tindak Pidana Pencemaran Nama Baik.
8. Laporan Polisi Nomor: LP/B/07/I/2019/ACEH/RES AGARA/SEK BBS, tanggal 30 Januari 2019 terlapor inisial S Tindak Pidana Pencemaran Nama Baik.
9. Laporan Polisi Nomor: LP/B/85/III/2019/ACEH/RES AGARA, tanggal 8 Maret 2019 terlapor inisial M dkk Tindak Pidana Penipuan.
10. Laporan Polisi Nomor: LP/B/262/XI/2018/ACEH/RES AGARA, tanggal 17 November 2018 terlapor inisial MD.
11. Laporan Polisi Nomor: LP/B/275/IX/2019/ACEH/RES AGARA, tanggal 19 September 2019 terlapor inisial S cs Tindak Pidana Penganiayaan.
12. Laporan Polisi Nomor: LP/B/245/VIII/2019/ACEH/RES AGARA, tanggal 28 Agustus 2019 terlapor oknum Polisi inisial AN Tindak Pidana Penganiayaa.
13. Laporan Polisi Nomor: LP/B/315/I/2019/ACEH/RES AGARA, tanggal 24 Oktober 2019 terlapor inisial FA diduga anak M. Ridwan selaku Sekda Agara, Tindak Pidana Penghinaan dan Pencemaran Nama Baik (UU ITE).
14. Laporan Polisi Nomor: LP/B/281/IX/2019/ACEH/RES AGARA, tanggal 24 September 2019 terlapor inisial A dkk Tindak Pidana Penganiayaan dan Pengeroyokan.
Terkait hal tersebut diatas pada hari Senin 02 Desember 2019 sekira pukul 08:30 wartawan Media Nasional Joernal Inakor (MNJI) mengirimkan pesan untuk konfirmasi pemberitaan melalui WhatsApp kepada Kasat Reskrim Polres Agara Inspektur Polisi Satu Kabri, SH, MM, sepertinya WhatsApp wartawan MNJI tersebut telah diblokir, lantas wartawan MNJI mengirimkan hal yang sama ke masengger/inbox facebook Kabri Ari, Kasat Reskrim Polres Agara  tersebut, pesan dibaca, namun sampai berita ini dikirimkan ke redaksi MNJI, Kasat Reskrim Polres Agara itu tidak menggunakan hak jawabnya.

Namun saya sebagai pegiat anti korupsi, kata Amri Sinulingga yang menduga dicari-cari kesalahannya agar dapat dijerat dan dihukum karena melakukan pencemaran nama baik terhadap M. Ridwan selaku Sekda Agara saat ini, hal itu diketahui Amri setelah dirinya menerima surat tembusan SPDP kepada Kejaksaan Negeri Kutacane pada tanggal 29 November 2019 malam dari Polres Agara. Padahal kasus yang sama sudah saya menangkan di Prapradilan oleh hakim tunggal di Pengadilan Negeri Kutacane pada tanggal 27 Agustus 2019. Pak Presiden Jokowi harus tau masalah ini, pungkas Amri Sinulingga.

Maraknya teror dan terkait pencemaran nama baik oleh subjek yang diduga melakukan korupsi perlu
dikaji lebih mendalam, tapi pihak Polres Agara malah terkesan mencari-cari kesalahan para pegiat. Sebab pada tahun 2005 muncul Surat Edaran Kapolri Nomor
B/345/III/2005/Bareskrim tanggal 7 Maret 2005 mengenai penanganan perkara tindak pidana
korupsi yang diprioritaskan. Ada tiga poin dalam Surat Edaran tersebut. Pertama, penanganan kasus
tindak pidana korupsi dengan kegiatan penyelidikan/penyidikan, baik oleh Polri, Kejaksaan dan KPK
selalu dijadikan prioritas utama. Kedua, penanganan kasus pencemaran nama baik sebagai kasus
yang timbul kemudian tetap ditangani, namun bukan prioritas utama dengan tujuan kasus tersebut
tidak terhambat/mengaburkan penanganan korupsi yang menjadi kasus pokoknya. Ketiga, lebih memanfaatkan penanganan kasus pencemaran nama baik untuk mendapatkan
dokumen/keterangan yang diperlukan di dalam proses pembuktian kasus korupsi yang menjadi masalah pokok.

Dengan munculnya Surat Edaran tersebut menjadi justifikasi bahwa jika ditemukan kasus pencemaran nama baik, sepatutnya Polisi perlu memperioritaskan perkara korupsinya. Namun
faktanya, hal tersebut berbanding terbalik dengan kenyataan. Kasus pencemaran nama baik seolah-olah lebih diprioritaskan, dari pada laporan dugaan korupsi
yang dilaporkan.

Isu mengenai perlindungan terhadap pegiat anti korupsi telah diakomodir dalam beberapa aturan,
antara lain UU 30/2002, Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-
Undang Nomor 13 Tahun 2006 tentang Perlindungan Saksi dan Korban (UU 31/2014), dan Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat dan
Pemberian Penghargaan Dalam Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Pada UU 30/2002 Pasal 15 huruf a, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) wajib memberikan
perlindungan terhadap saksi atau pelapor yang menyampaikan laporan ataupun memberikan
keterangan mengenai terjadinya tindak pidana korupsi. Memberikan perlindungan yang dimaksud
dalam pasal tersebut berupa pemberian jaminan keamanan dengan meminta bantuan kepolisian
atau penggantian identitas pelapor atau melakukan evakuasi termasuk perlindungan hukum.

Aturan lain yang membahas mengenai perlindungan terhadap pegiat anti korupsi yakni UU 31/2014.
Regulasi tersebut merupakan pengejawantahan atas rekomendasi hasil review UNCAC. Poinnya
yaitu “Memastikan perlindungan kepada pelapor tindak pidana korupsi” dengan ukuran
keberhasilannya yakni melakukan revisi terhadap Undang-Undang tentang Perlindungan Saksi
Korban.

Dalam aturan a quo Pasal 5 ayat (3) dijelaskan bahwa selain saksi dan/atau korban, hak
perlindungan keamanan juga diberikan kepada Saksi Pelaku, Pelapor, dan ahli berkaitan dengan
kasus tertentu. Makna “kasus tertentu” terdapat pada Pasal 5 ayat (2) bagian penjelasan yang menyatakan bahwa tindak pidana dalam kasus tertentu salah satunya yakni tindak pidana korupsi.

Aturan ini menjadi legitimasi bahwa negara wajib hadir dalam setiap aktivitas yang dilakukan oleh
warganya menyangkut perlindungan terhadap pelapor kasus korupsi yang rentan dikriminalisasi
maupun diancam, sebut Amri Sinulingga.

Sementara itu, apabila merujuk pada PP 43/2018 Pasal 12 ayat (1) hingga ayat (4) dijelaskan kembali mengenai perlindungan bagi masyarakat yang melaporkan kasus korupsi. Artinya, dari ketiga
regulasi tersebut dapat disimpulkan bahwa negara memiliki tanggung jawab dalam memberikan
rasa aman kepada masyarakat ketika melakukan pelaporan yang berkaitan dengan kasus korupsi
APAPUN caranya. Sebab, tidak ada satupun regulasi yang membatasi hak masyarakat untuk
menyampaikan laporan kasus korupsi, baik melaporkan secara tertutup ataupun terbuka.

Pelaporan secara tertutup dapat dimaknai sebagai upaya pelapor memberikan informasi mengenai
dugaan korupsi dengan tidak menyampaikannya kepada khalayak. Sedangkan pelaporan secara
terbuka menggunakan corong media untuk menyampaikan dugaan kasus korupsi yang sedang
diadvokasi. Namun nyatanya baik pelaporan secara tertutup maupun terbuka, pelapor kasus
korupsi rentan mendapatkan serangan melalui kriminalisasi ataupun serangan secara fisik.

Dengan adanya persoalan kriminalisasi dan ancaman yang dialamatkan kepada pegiat anti korupsi,
maka perlu ada perlindungan hukum yang secara spesifik mengatur mekanisme perlindungan bagi
pelapor. Adanya aturan mengenai perlindungan bagi pelapor belum mampu untuk melindungi dari
upaya kriminalisasi bahkan hingga pembunuhan. Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)
secara bersama perlu merumuskan ulang rencana untuk membuat Undang-Undang mengenai
Pembela HAM.

Selain dialamatkan kepada aktivis, serangan fisik juga telah menyasar unsur penegak hukum seperti
pegawai KPK yang memiliki kewenangan dalam menjalankan tugasnya. Sehingga diperlukan mekanisme internal kelembagaan masing-masing penegak hukum untuk memitigasi resiko, juga
untuk menanggulangi ancaman-ancaman dikemudian hari.

Khusus untuk jajaran kepolisian, sudah sepatutnya untuk menaati aturan yang telah dibuat yakni
Surat Edaran Kapolri, mengenai skala prioritas penanganan kasus korupsi yang disampaikan
 masyarakat, dari pada memproses laporan pencemaran nama baik yang merupakan perlawanan
balik dari pihak-pihak yang merasa terganggu. Hal ini penting untuk menunjukkan kepada publik konsistensi dan komitmen Polri dalam memberantas korupsi.

Selain itu, Polri pun juga harus menyelesaikan seluruh tunggakan kasus laporan dari masyarakat yang sampai hari ini diduga masih mengendap di Mapolres Agara, kriminalisasi
ataupun pembakaran rumah wartawan dan pegiat yang telah dilaporkan, agar kinerja Mapolres Agara tidak terkesan membungkam agenda pemberantasan korupsi. Pungkas Amri Sinulingga mangakhiri. (**)
HALAMAN SELANJUTNYA:


COMMENTS

Bidikindonesia
Nama

( Pekalongan ).,1,( Sukadana ),1,(Pekalongan),1,*TEC Berikan Puluhan Ribu Masker dan Wastafel Portable Bagi Umat Hindu*,1,*YARA Aceh Utara Minta Polisi Selidiki Penggunaan Dana Covid-19*,1,100 Gampong di Aceh Utara Lakukan Finalisasi APBG Tahun 2021,1,177 Pendamping PKH Aceh Utara Dapat Perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan,1,20 KK Lagi Juga Terancam Longsor,1,200 Lapak Ludes,1,4 Juta kepada Pedagang Kecil di Aceh,1,4 Mei 2020 menanggapi terkait pemberitaan media massa yang menyebutkan kas daerah Aceh Utara kosong,1,500 Paket Sembako Ketua IIPG Lampung,1,6 rumah warga Hangus Terbakar di Lhokseumawe,1,7 Miliar,1,7 miliar dana Covid 19,1,7 Milyar,1,ABDULLAH,18,ABDYA,3,Abuya Syarkawi: Masyarakat Cepat Melapor Jika terjadi Bencana Alam Dan Jangan Ada Lagi Ilegal Logging,1,Aceh,3,ACEH BARAT,11,ACEH BESAR,127,ACEH JAYA,44,ACEH NASIONAL,6,ACEH NEWS,4,ACEH SELATAN,8,ACEH SINGKIL,4,ACEH TAMIANG,182,ACEH TAMIANG KABAR DAERAH,2,Aceh tamiang news,5,ACEH TAMIANG PEMERINTAH NEWS,1,ACEH TAMIANG PEMERINTAHAN,1,ACEH TAMIANG POLISI NEWS,4,ACEH TAMIANNG,1,ACEH TAMUANNG,1,ACEH TENGAH,122,ACEH TENGARA,4,ACEH TENGGARA,1,ACEH TEUMING NEWS,3,aceh tim,1,ACEH TIMUR,125,aceh timur.,4,aceh timuri,1,ACEH UTARA,98,aceh utaracm,1,ACEH. TAMIANG,4,ACT-MRI Uceh Utara Gelar Orientasi Untuk Relawan Baru,1,Ada Beberapa Pimpinan PARNAS Ikut Dilantik,1,Adventotlrial,1,ADVERTISER,23,advertorial,29,Advitorial,1,Advokat dari Lintas Organisasi Advokat di Wilayah Lhokseumawe,1,Agama,2,Ahok Sebut Komisaris BUMN Titipan Kementerian,1,AIDS,1,AJI Lhokseumawe surati penegak hukum gunakan UU Pers dalam sengketa pemberitaan,1,Akhirnya Terungkap Motif dan Kronologi Penculikan Pengusaha Bos Dealer di Lhokseumawe,1,Akhyar Harap Penyaluran Sembako Dan pemeriksaan kesehatan Gratis Dapat Terus Dilakukan,1,Akhyar Lepas IPM Tanam 2000 Pohon Ke Langkat,1,Akhyar: Prestasi Ini Saya Dedikasikan Untuk Warga Medan,1,Akibat Kurang Transparan.aceh utara,1,akl,2,Aksi Ribuan Mahasiswa Tolak UU Omnibus Law Ricuh Berakhir Damai,1,Aktivis HAM : Jika Tidak Dihukum,1,Aktivis HAM : Kejahatan Rasisme dan Isu SARA adalah Kejahatan Kemanusiaan dan Musuh Internasional,1,Alfa record Orbit Penyanyi Aceh Omar,1,Alumni ISI Jogja Teliti Mop mop,1,Amat Leumbeng Salurkan Bantuan Untuk Muslim Rohingya,1,Amburadulnya Data BST Covid-19 Kemensos Hingga Dinsos Lhokseumawe,1,Anak Bupati Jeneponte Bantah Terkait Dalang pengeroyokan,1,Anak Tunggal Bupati Jeneponto Makasar Dipolisikan Mahasiswa,1,Aneuk Syuhada Aceh Gelar Demo PT PIM,1,APA YANG SALAH DENGAN PEMBANGUNAN KOTA LHOKSEUMAWE,1,APDESI Aceh Utara Di Duga Galang Donasi Untuk Advocasi Geuchik Pulo kitou Yang Terjerat Kasus Percobaan Pembunuhan,1,Arhanud-001/csby Aceh Utara Lepas Sambut Penugasan Prajurit Teritorial Gelombang Ke Dua.,1,Artikel,1,ARTIS,2,Asisten III Sekada Aceh Buka Kegiatan Sosialisasi Pengisian JPT KASN,1,Award 2020,1,b,1,Badai Hujan Angin Kencang petir Menumbangkan Pohon-Pohon Jalan di Aceh Timur,1,Balai Bahasa Aceh Gelar Revitalisasi Sastra Lisan Mop-mop,1,Bambang Hendarto SH Pimpin PAC Pemuda Pancasila Medan Amplas,1,Ban,1,banda,1,BANDA ACEH,1609,Banda Aceh Headline News,25,Banda Aceh news,23,Banda Aceh. NEWS,1,BANDAR LAMPUNG,8,Bangun Productivitas Pertanian Kota Lhokseumawe Melalui Program KONSTRATANI,1,BANJAR BARU,1,BANJIR,3,bank Aceh,1,Bank Aceh JANTHO,1,bank Aceh syariah,1,bantuan covid 19,1,Batahan News,40,Batam,3,Batanghari,2,belanegara,1,BEM UNIVERSITAS MALIKUSSALEH MINTA PRESIDEN JOKO WIDODO TUNTASKAN KASUS PELANGGARAN HAM SIMPANG KKA ACEH,1,BENER MERIAH,145,Bentuk Diskriminasi,1,Bergabung Ke PA BM Dan Akan di Lantik Besok Oleh Muzakir Manaf,1,Bergerak Ikhlas Tanpa Henti Peduli Warga Sakit dan Santuni Masyarakat Miskin,1,Berita Daerah,1,Berkas oknum keuchik Bacok Warga dilimpahkan ke Jaksa,1,Bersinergi Dengan Masyarakat,1,Bersinergi Membangun Raihlah Prestasi,1,Besok,2,Bhaktisosial,2,Bhayangkari Lhokseumawe Salurkan Bantuan Korban Banjir di Blang Mangat,1,Biak,1,bidik indonesia,3,Bidik indonesia Nasional,8,Bimtek Operator Desa,1,Bireiun,1,BIREUEN,19,Birieun,1,BKKBN,2,BKKBN ACEH,10,BKM,1,Blang Pidie Aceh,1,Blangkejeren Aceh,1,BNN,6,BNPB,1,Bongkar fakta & Motif Dibalik Percobaan Pembunuhan Berencana Terhadap Zulkarnaini,1,Bongkar Motif Begal Blang Panyang Terhadap Mahasiswi,1,Bongkar Tiga Kasus Dalam Sepekan,1,BPK,1,BPMA dan Zaratex NV Sosialisasi Serta Konsultasi Amdal Di Lhokseumawe,1,BPN,1,Bravo Polres Lhokseumawe,1,BREAKING NEWS,90,BREAKINGNEWS,4,BrekingNews,1,brimob,1,Brimob polda kompi 3 yon c,1,Budaya,1,Bukan Maju atau Tidak,1,Bulog dan Kemsos Jamin Kualitas Beras Bansos Baik,1,Bung Karno,1,Bupati Aceh Timur Kedepan Mesti Pro Rakyat,1,Bupati Jombang Serahkan Bantuan Simbolis BPJS Ketenagakerjaan,1,Bupati Perintahkan Semua Jajaran Ambil Langkah Tanggap Bencana,1,Bupati Rocki Patut Dicuriga,1,CAHAYA IMAN,10,Calon Definitif Wakil Bupati Bener Meriah Tes Tahap Akhir Di Gedung DPRK,1,Calon Wakil Bupati Lampung Selatan H. Antoni Imam Dinyatakan Negatif Covid-19,1,CamatDewantara Tutup Liga Karang Taruna Harapan Nanggroe Aceh Utara,1,Cara Unik Sosialisasi Covid 19,1,cibubur,1,Copot Segera Jika Benar,1,covid-19,3,Curhatan Megawati: Kenapa Ya,1,DAERAH,4,daerah Lampung,4,Dalam Gelar Diskusi Publik Hari Pahlawan Oleh PPWI,1,Dalam Rangka HUT Kodam IM ke-64,1,dan Bireuen bersatu dalam Forum Advokat Bersatu,1,Dandenpom IM/1 Lhokseumawe Mengunjungi Zulkarnaini Korban Percobaan Pembunuhan Oleh Oknum Geuchik,1,Danrem Berikan Materi Kebangsaan dan Bantuan bibit 12000 Ekor Patin Dalam Kegiatan Serbuan Teritorial Kodim,1,Dareah Lampung,8,Deli Serdang,1,Desa,1,Di Duga Otak Pengeroyokan,1,Didampingi Ketua Komite I,1,Diduga Bupati Rocky Tekan Pejabat Dinas Arahkan Proyek ke kroni dan keluarganya,1,Dimana Nurani,1,Dinilai Hanya mencari Sensasi Namun Konyol,1,Disperindag,1,Ditandatangani Naskah,1,DPC PDI Perjuangan Aceh Utara Bagi ribuan Masker Untuk Rakyat Kecil Pedalaman,1,DPC PDI-P Aceh Utara Sampaikan Langsung Laporan Kerusakan banjir Aceh Utara Pada Wamen PUPR,1,DPC) Lembaga Anti Narkoba (LAN) Kota Lhokseumawe,1,DPD Lembaga Aliansi Indonesia BPAN Angkat Bicara Terkait Geuchik Polisikan Warganya,1,DPD RI,1,DPR,1,DPR RI,1,DPRA,12,dpra news,10,DPRK,4,DPRK Ingatkan Ketua PDIP Aceh Utara Jangan Provokasi Rakyat.aceh utara,1,DPRK Lhokseumawe Teken Petisi,1,dprk news,1,DPRRI,2,dr Spesialis Bedah RSU Sultan Abdul Aziz Syah Bantah Melakukan Asusila,1,dr. Imai Indra Ditabalkan Sebagai Nama Gedung Lab Penyakit Infeksi Unsyiah,1,Dua Kaligrafer Misbahul Ulum Raih Tiket Umrah,1,Dua Paslon Pilkada Batam Deklarasi Damai dan Teken Pakta Integritas,1,DUNIA,28,Edy Rahmayadi: Nilai Sejarah Untuk Seluruh Generasi Peringati Hari Kesaktian Pancasila,1,EKONOMI,5,Eksekutif dan Legislatif Mari Bersatu Bangun Nanggoe Dan Pikirkan Nasib rakyat Aceh. Banda aceh,1,Empat Pimpinan Parnas Di Kabarkan Mengundurkan Diri,1,Empati Kapolres Lhokseumawe Sangat Menyentuh,1,Entertaiment,2,Esports Aceh Siap Lantik Pengurus di 23 Kabupaten/Kota,1,f,2,Fachrul Razi: Pewarta Warga Pahlawan Era Digital,1,faksi,1,FAKSI : Aceh Timur Tidak Akan Maju,1,FAKSI : Bila banyak beredar isu Penggunaan Dana Desa Tidak Tepat Sasaran,1,FAKSI : Bupati Rocky Terkesan Melakukan Pembiaran Bimtek Miliaran Digelar di Hotel Mewah,1,FAKSI : Elit Aceh Timur Janganlah Jadi "Pejabat Benalu",1,FAKSI : Jika ingin Demo di Aceh Timur,1,FAKSI : Pelaku Pengeroyokan Warga Aceh di Tanggerang Harus Dihukum Mati,1,FAKSI : Seharusnya Bupati dan DPRK Aceh Timur Dulu yang Disuntik Vaksin Covid 19,1,FAKSI Ajak Masyarakat Aceh Timur Evaluasi Bimtek Miliaran Aparatur Desa,1,FAKSI Ajak Masyarakat dan Elemen Sipil Turun ke Jalan Demo Dana Covid Rp.30,1,FAKSI Desak Bupati Aceh Timur Segera Nonaktifkan Kadis S Tersangka Mesum,1,FAKSI Desak Bupati Aceh Timur Umumkan Penggunaan Anggaran Covid-19 Rp.30,1,FAKSI Desak Dinsos Aceh Timur Segera Cairkan BLT APBK dari Rp.30,1,FAKSI Desak KPK Audit Kekayaan Pejabat Di,1,FAKSI Desak KPK Usut Dugaan Korupsi Dana Desa Skala Besar di Aceh Timur,1,FAKSI Harap Pemerintah Cari Solusi Bantu Ganti Kerugian Korban Banjir Aceh Timur,1,FAKSI Minta Daftar Penerima BLT Covid-19 Diumumkan ke Publik,1,FAKSI Minta Pemkab Aceh Timur Penuhi Kebutuhan Darurat Seluruh Pengungsi Korban Banjir,1,FAKSI: Kita akan Terus Menentang Ketidakadilan,1,FOKUSPaDI,1,FORBA Aceh Serahkan Bantuan Tanggap Darurat Bencana Banjir di aceh utara.,1,Forba Aceh: Stop Adu Domba,1,FPI,1,Fungsi Dan Kode Etik Advocat,1,Gabungan Massa Kota Lhokseumawe Gelar Aksi Kecam Pernyataan Sikap Presiden Prancis Macron,1,Ganti Rugi Tidak Tepat Sasaran,1,GAYO LUES,55,Gelar Buka Puasa Bersama Kaum Duafa Dan Anak Yatim Di Aceh Utara,1,Gerindra,1,gp tgk di balee,1,GRAM : Tangkap dan Penjarakan Siapapun Yang Bermain Dengan Dana Covid 19,1,GRAM Menilai Anggota DPRK Aceh Utara Anti Kritik,1,GRAM: Elit Politik di Aceh Lambat Loading,1,GUBERNUR APRESIASI PENGUKUHAN JMSI SUMUT,1,Gubernur Edy Sahkan RUPTL PTPN III Sei Mangkei PLTGU 1.600 MW Segera Dibangun,1,Gubernur Edy Sebut Penanganan Covid-19 Harus Junjung Transparansi dan Akuntabilitas,1,Gubernur Sampaikan Sengketa Tanah di Sumut Selesai 30% Tahun Ini,1,Gubernur Sapa Pedagang di Pusat Pasar Medan,1,Gubernur Sumut Berikan 115 Paket Sembako untuk Korban Angin Puting Beliung,1,Gubernur Sumut Lantik 3 Pejabat Eselon II,1,Gubernur Tekankan Disiplin Protokol Kesehatan Senjata Utama Hadapi Covid-19,1,Gubsu Harapkan Masyarakat Aceh di Sumut Bersama Bangun Perekonomian Umat,1,Haji Uma Jemput 33 TKI Asal Aceh yang Dikarantina di Medan,1,Hakimnya Dipilih DPR dan Presiden,1,Hambat Tugas Jurnalistik,1,Hamparan Perak,1,Hamparan Perak DiTerjang Badai Angin Kencang,1,HANKAM,1,Harap Kerjasamanya,1,Harapkan Pariwisata Pulih Setelah Covid-19,1,Harga LPG 3 Kg Capai Rp 35.000 karena Ulah Oknum Pedagang,1,Hasil Rapat dengan Manager PLN Akhir Juni 2020,1,Headline,11,Headline news,16,HEALTH,10,Hikmah,1,Hj.Riana Sari: berharap pandemi covid segera berakhir,1,HMI,2,Honda Ditendang Korban Terjatuh Dan Luka Parah,1,HPPMI MAROS SESALKAN PLN ( Persero ) ATAS KENAIKAN TARIF LISTRIK MASYARAKAT DI TENGAH PENDEMI COVID-19,1,HPPMI Maros Tanralili : Pembangunan Kantor Desa Purnakarya Tidak Transparan dan Cacat Hukum,1,HUKUM,15,HUMAS,1,i,1,IKABOGA Gelar Aksi Sosial Untuk Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19,1,IKABOGA Gelar Serangkaian Kegiatan Positif Di Era Pandemi Covid-19,1,Indonesia Nasional,3,Ini Motif dan Kronologinya,2,Ini Murni Perkelahian,1,INSPIRATIF,46,INVESTIGASI,5,Isak Tangis Muslim Rohingya Sholat Idul Adha Di Lhokseumawe,1,Isbi,1,Islam,1,Islam dan Pancasila.banda aceh,1,ISMED,1,Jabat PLT Golkar Lamsel,1,JAKARTA,46,Jakarta news,4,Jalan Penghubung Antar Kecamatan Rusak Parah Lumpuhkan Perekonomian dan Menuai Keresahan Warga,1,Jamaah Harap Tidak Datangi Polda Lagi,1,Jangan Rusuh dan Merusak,1,JANTHO,1,Jargon ARAH nomor urut 1,1,JARI Desak DPR Segera Sahkan RUU Praktik Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat,1,jasaraharja,1,Jawa Tengah,1,jawa timur,5,Jayapura,2,Jayapura Nasional,1,Jenguk dan Santuni Warga Sakit Menahun,1,JMSI,1,JMSI Pusat,1,Jokowi Bagikan Bansos Rp2,1,Jombang,1,Juara MTR Kwarda Aceh,1,Jurnalis,1,Kabar Aceh,7,KABAR DAERAH,3,Kadin,4,Kajari Lhokseumawe Kembali di Ganti,1,Kakek Predator Dipolisikan Akibat Dugaan Pencabulan Balita,1,KALIMANTAN BARAT,1,Kalimat Selatan,1,Kampar,2,Kampus,2,KAMPUS NEWS,17,kandidat persaingan dengan Jargon Bersinar dapat undian nomor 2,1,Kapolda Sumut Sebut Kantongi Identitas Pelempar Batu dari Atas Gedung DPRD Medan,1,Kapolres,1,Kapolres Lhokseumawe Sapa Dua Bocah Pada Program Jumat Barokah,1,Kapolsek Tanah Luas Salurkan Bantuan Kemanusiaan Untuk Muslim Rohingya,1,Karimun,1,Kebijakan Pemko Lhokseumawe Terkait Gedung Isolasi PINERE Di Arun Menuai Kontroversi,1,Kebudayaan Aceh 2020,1,Kec.Braja Selebah,1,KEDIRI,1,Kejaksaan Biak tetapkan dua tersangka korupsi dana guru kontrak,1,Keluarga Akmal Hanif Komit Kembalikan Uang Jama'ah,1,kemenag,1,Kemendagri,1,Kepedulian Sang Kapolres Lhokseumawe,1,Kepri,2,Kerja Sama Polsek Nisam,1,Kesehatan,3,Ketua Aliansi Indonesia Perwakilan Bener meriah Kecam Aksi Percobaan Pembunuhan Oleh Oknum Geuchik,1,Ketua forum Gechik Meurah Mulia Husnan Kunjungi Zulkarnaini Korban Percobaan Pembunuhan,1,Ketua LAI BPAN DPC Aceh Utara Bersimbah Darah Dibacok Oknum Geuchik,1,Ketua PWI Aceh: Wartawan Dihambat Liput Kunjungan Presiden,1,KITA Tolak KAMI Di Aceh Dalam Aksi 911 Lhokseumawe,1,KKB Beli Senjata Api dan Amunisi Dari Dana Desa,1,KNPI,1,Kodim 0103 Aceh Utara Gelar Tradisi Penyambutan Dandim Baru,1,Kodim 0106 Aceh Tengah Gelar Gotong Royong Karya Bhakti Pengecatan 2 mushola,1,KODIM 0117/ATAM,1,Kombes T Saladin Dilantik sebagai Kabid Pemberantasan BNN Provinsi Aceh,1,Kominfo,2,Komite I DPD RI Siap Kawal Penyelesaian Masalah Tanah di Sumut,1,KOMPAK : berharap Shelter Di Blang Ado Kembali Difungsikan,1,Komunitas Kombo Aceh Gelar Aksi Sosial Dalam Rangka Memperingati 16th Tragedi Tsunami Aceh,1,Komunitas sahabat yatim,1,Kondisi Jalan Penghubung Antar Kecamatan Di Aceh Utara Rusak Parah,1,KORBAN KEBAKARAN RUMAH DI GAMPONG TGK DIBALE TANAH LUAS TEMPATI RUMAH BARU.aceh utara,1,KOTA LANGSA,5,Kota Lhokseumawe,31,Kota lhoksumawe,1,KPK,1,KPU,1,KRIMINAL,25,KUA PPAS R-APBD,1,Kuasa Hukum Ridwan Akan Laporkan Media yang tidak Berikan Hak Jawab ke Dewan Pers.,1,KULINER NEWS,6,Kungker Ibu Plt.Gubernur Aceh di dampingi T.Sofianus Dalam Rangka Progam PKK Bansos di Lhokseumawe,1,Kunjungan Kediaman Duka Wafatnya Ulama Kharismatik Aceh,1,Kunjungan Kerja Pangkosek Hadudnas III Ke Detasemen Arhanud-001/CSBY,1,l news,1,Lalu lintas,1,LAMPUNG,119,LAMPUNG PESAWARAN,1,LAMPUNG PRINGSEWU,19,LAMPUNG SELATAN,23,LAMPUNG TANGGAMUS,3,Lampung Tengah,2,LAMPUNG TIMUR,25,LAMPUNG UTARA,44,LAMPUNG WAY KANAN,1,langkat,5,LANGSA,26,Langsa Aceh,2,Langsa News,1,Lantaran Tak Paham Tupoksi Ratusan Warga Demo Pak Keuchik,1,LaNyalla Ingatkan Ketua KPU dan Bawaslu,1,Lapas,1,Laporan Pemuda Minang atas Puan Ditolak Bareskrim,1,LAPUNG SELATAN,1,Lapung Tengah,1,LBH KONTRA : Kita Akan Kawal Kasus Percobaan Pembunuhan Oleh Oknum Geuchik Sampai Tuntas,1,Lembaga,1,LHOKSEUMAWE,106,Lhokseumawe Zona Merah,1,lhoksukon,4,Literasi Kuat Satu Langkah Mengenal Dunia,1,Madaraya,1,mahasiswa Aceh Utara Terima Biaya Pendidikan untuk Penyelesaian Tugas Akhir,1,Mahasiswa Kampus IAIN Lhokseumawe Khahawatirkan Akreditasi Institut dan Kinerja Pelayanan Biro Kampus,1,MAHASISWA KESULITAN MEMBAYAR BIAYA UKT DI TENGAH PANDEMI COVID-19.,1,Mahasiswi Di Begal,1,Majelis Dakwah RI-1 Buka Cabang Di Seluruh Indonesia,1,makasar,2,Malam Pembukaan Literasi Santri Untuk Negeri,1,Mandailing Natal,13,maros,2,Masyarakat Bergerak,1,Maulid,1,Maulid Nabi Digelar Sederhana Edy Rahmayadi Ajak Masyarakat Teladani Kepribadian Rasulullah,1,Mayor Alse Ariyanto Jabat Komandan Arhanud 001/CSBY Pulo Rungkom,1,MEDAN,47,Medan Juara Umum MTQ Ke-37 Tingkat Sumut 2020,1,MEL,7,Memperingati HKN Bupati Aceh Utara Serahkan 10 Ambulan Baru untuk Puskesmas,1,MENDAGRI TUNJUK 4 PEJABAT KEMENDAGRI SEBAGAI PJS. GUBERNUR,1,Mendes PDTT Sosialisasikan Permendes 13/2020,1,Mengapa?,1,Menhan Prabowo Subianto Terima Alat Ventilator Dari Australia dan AS,1,Menolak Buka Cadar Saat Lomba MTQ,1,Menteri Koperasi dan UKM,1,Merdu,2,Meski Pandemi,1,MH Senin,1,Mien Uno: Ustaz Enggak Kayak Brad Pitt,1,MM,1,Modifikasi news,1,MPRI RI,1,MTQN,2,MTQN XXVIII,1,Mualem Lantik DPW Partai Aceh Bener Meriah,1,Mualem Lantik Pengurus Koni Bener Meriah,1,Mualem Melantik Pengurus DPW Partai Aceh Bener Meriah,1,Muara Enim,1,MUHAMMAD FADHIL,2,MUI,2,Mukhtaruddin Maop DPP FORBA ACEH Salurkan Bantuan Korban Banjir di Aceh Timur,1,Museum Sejarah Rasulullah Saw dan Pradaban Islam dibangun di Jakarta,1,mutasi 31 pejabat eselon 2 3 4,1,Nabi Isa dan Nabi Muhammad SAW,1,NAGAN RAYA,18,Najwa Shihab Dilaporkan ke Polisi,1,Nanggroe,1,Narkoba,3,NARKOTIKA,26,NASIONAL,106,NASIONAL KAMPUS NEWS,10,NASIONAL NEWS,28,Nasir Djamil: Dia Jadi Komut Itu Jatuh Dari Langit?,1,NASONAL,1,natal news,3,Nawal Ajak Masyarakat Peringati Maulid Nabi dengan Gembira,1,Nawal Ajak Umat Islam Perbanyak Selawat,1,Nazam_Jaya,1,new,5,NEWS,2539,nisam,1,Nusantara,1,Nyakman Lamjame: Ada Keunikan Di Dalamnya.,1,OLAH RAGA,1,Omnibus Law Sia-sia Dibawa ke MK,1,Operator Diharapkan Mampu Proporsional Mengentri Data DTKS Setiap Desa,1,OPINI,14,OPINI : Restrukturisasi Bank Syariah Dalam Masa Covid 19 Pasca Pojk No.11/POJK.03/2020,1,Ops Sikat Seulawah 2020 Polres Lhokseumawe Ungkap 6 Tersangka Curanmor Sita 10 Barbut,1,Optimisme Ayah Panton Terbitkan Majalah Neurôk Semakin Kuat,1,Orang No.1 Kota Lhokseumawe Rayakan Ulang Tahun anaknya,1,PADANG,24,Pakistan,1,Pali,1,pangdam IM,1,Pangdam IM Tinjau Penangkaran Budidaya Lobster di Simeulue,1,Pangdam IM Tutup Serbuan Teritorial dan Dialog Kebangsaan Jaga Perdamaian Aceh,1,Panggautan News,8,Panglima Laot,1,Panyabungan,1,PARIWARA,5,Pariwisata,2,Parlemen,3,parlementaria,3,PASAMAN BARAT,1,pasar Inpres Lhokseumawe Terbakar,1,Pedagang berharap Pemerintah Segera Mengambil Kebijakan,1,PeduliYuk,2,Pejabat Bermasalah Munculkan Diskriminasi dan Gerusi Elektabilitas,1,Pembebabasan Tanah Lamban dan Belum Tuntas,1,Pembungkaman Kritik,1,Pemerintah,1,PEMERINTAH NEWS,7,PEMERINTAHAN,13,Pemkab Aceh Utara Bayar Tagihan Listrik pada APBK-P,1,Pemkab Aceh Utara Tambah 72 Bed untuk Isolasi Mandiri Covid-19 Dalam Peresmian RSUD Pratama,1,Pemprov Sumut dan Lemhannas Cari Solusi Permasalahan Sawit,1,Penafsiran Surat at Tiin: Nabi Musa,1,pendidikan,3,Pendidikan dan Kesehatan,1,pendidikan darul Ikhsan,1,PENDIDIKAN NEWS,10,Pengajian dan Peringatan Maulid Nabi,1,PENGURUS IKA SMANSA LHOKSEUMAWE KEMBALI DI LANTIK,1,Penyaluran bantuan pasca panik Untuk Pedagang Kebakaran pajak inpres Lhokseumawe diwarnai kericuhan,1,Penyaluran BLT Di Tanah Luas Aman Terkendali,1,Penyerahan Keranda Mati Ke DPRK Bener Meriah Menuai Kontraversi,1,Perguruan Beladiri Dan Pengobatan Cakra Aura Laduni Nur Illahi Hadir Di Aceh,1,Perhimpunan Advocat Indonesia (PERADI) Gelar Pendidikan Khusus,1,Peringatan Hari Kesehatan Nasional 2020,1,PERISTIWA,65,Pers,1,PERTAMA DI ACEH,1,PERTANIAN,25,Pesawaran,10,PESISIR BARAT,2,phe.aceh utara,1,PIDIE,63,PIDIE JAYA,45,Pijay,4,PILKADA,162,Pilkadaserentak,1,Pjs Wali Kota Medan Sampaikan Ranperda Tentang APBD Tahun 2021,1,PKM Kembali Gelar Aksi,1,PKN Aceh,1,PLN,1,Plt Gubernur Sambut Kedatangan Rombongan Komisi Aparatur Sipil Negara di Bandara SIM,1,Plt Wali Kota Medan Sampaikan Terima Kasih Kepada Kejari Medan dan Kejari Belawan Terkait Penyelamatan Aset Pemko Medan,1,Pohon Tumbang,1,Polda,13,Polda Aceh,7,Polisi Dan Inspektorat Diminta Usut Tuntas Dugaan Korupsi Dana Desa Blang Paku Paya Bakong,1,POLITIK,100,Politik-Pilkada,1,Polres Aceh Tengah Bongkar Tiga Kasus Narkotika Ganja Dan Amankan Tiga Tersangka Di Awal 2021,1,Polres Aceh Tengah Laksanakan Latihan Baris Berbaris Usai Apel,1,Polres Aceh Utara Bantu Fakir Miskin DI Beberapa Desa Sekecamatan Tanah Luas Dalam Rangka Menyambut HUT Bhayangkara Ke 74,1,Polres Lampung Utara,2,Polres Lhokseumawe Gelar Gelar Apel Gabungan Pemberian Penghargaan Kepada 54 Bhabinkantibmas Dan 100 Babinsa Berprestasi.,1,Polres Lhokseumawe Gelar Kegiatan Jum'at Berkah,1,Polres Pringsewu,1,Polresta,1,Polri,6,Polri Dan Insan Pers,1,Polri Peduli Pendidikan Anak Sekolah Pedalaman Aceh Utara Dalam Rangka HUT RI Ke 75,1,Polsek Nisam Gelar Operasi Yustisi Terapkan Protokol kesehatan,1,Polsek Pringsewu Kota,1,Polsek Tanah Luas Rilis Film Cinta Masker,1,PON,1,Pondok Pesantren Nurul Ulum Aceh Timur Peringati Hari Santri Nasional (HSN) 2020,1,Ponpes Mambaul Ulum Bata-Bata: Hipnotis Santri-Santri Cinta Literasi,1,Ponpes Nurul Ulum Peureulak Gelar Upacara Peringatan Hari Santri Nasional,1,PONTIANAK,1,POSO,1,PP. MUBA Gelar Literasi Santri Untuk Negeri,1,Pramuka Peduli Apel Latihan Penanggulangan Bencana Alam Di Wilayah Korem 011 Lilawangsa,1,Presiden,1,PRINGAEWU,1,PRINGSEWU,71,Pringsewu Timur,1,PRINGSRWU,1,Pristiwa,1,Prodi Magister Hukum Unimal Gelar Sillaturrahmi Alumni dan Mahasiswa,1,Program "Kue Surga" Kapolres Lhokseumawe Menuai Pujian dan Apresiasi,1,Program Baznas Sumut,1,Promotor "SIAGAM" Kapolres Lhokseumawe,1,PT. Petrokimia Dan PT. Bayer Dalam melakukan Demplot Swadaya Program Ketahanan Pangan Di Masa Covid-19,1,PT. PLN PERSERO DiDuga Menguasai Tanah Warga,1,Puluhan Rumah Rusak Parah,1,Purbolinggo.,1,Rakyat Sumatera Barat Belum Menyukai PDIP? politik,1,Raman Utara,1,Rapat Dengar Pendapat HPPMI Maros dan Panpel Prona/redist Menuai Titik Temu,1,RAPBD,1,Ratusan Eks Karyawan Exxonmobil Mengadu ke YARA,1,RECENT POSTS,10,Rilis Hits "Cinta Kelapa",1,Rohingya,1,Rombongan Mahasiswa Unimal Aceh Belajar ke Biro Humas dan Keprotokolan,1,Ronny : Kekerasan dan Pelanggaran HAM di Aceh Timur Terkesan Melukai Rasa Keadilan,1,SABANG,18,SAID SAIFUL,67,Saifullah Spd : Aktivitas Belajar Mengajar Tatap Muka Kembali Aktif Pekan Depan,1,Sambut HUT RI ke- 75,1,Samsul Pembunuh 'RANGGA' dan Pemerkosa DN Akhirnya Tewas Saat dibawa ke RSUD Langsa,1,Santri Cilik pukau para juri,1,Santunan Kapolres Lhokseumawe Kepada Korban Longsor Muara Dua,1,Sat Resnarkoba Polres Lhokseumawe Berhasil Ungkap 11 Kasus Narkoba 2 Bulan Terakhir,1,Satu Rumah Amblas Dikikis Erosi Sungai Keureto,1,SAVE ROHINGYA,2,Sebanyak 111 Nelayan Aceh Ditahan di 3 Negara,1,Sejarah,1,Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Utara Abdul Aziz,1,Selama Medianya Mudah Dibungkam,1,Semua Pengungsi Rohingya Non Reaktif Covid-19 Setelah Rapid Test,1,Senator DPD RI Asal Aceh Kunjungi MTs Darul Muta'allimin di Rantau Peureulak,1,Seni Pertunjukan Theater Traditional Aceh yang Hampir Punah,1,Seorang Akhwat Dapat Hadiah 30 Juta dan Umroh,1,serambi Mekkah,2,serta Pelanggaran HAM,1,SH,1,Si Jago Merah Hanguskan 20 Toko Simpang Tiga Redelong,1,Siapa yang akan berada di kabinet Joe Biden terpilih sebagai presiden AS?,1,Sidang Kasus Percobaan Pembunuhan Oleh Oknum Geuchik Pulo Kitou Sudah Tahap Pemeriksaan Saksi,1,Sidoarjo,1,Sigli,2,Simbol Persatuan Kuatkan Partai Lokal,1,SIMEULUE,4,Siswa 14 tahun meninggal disambar petir di tanah luas,1,SMANSA,1,SOSIAL,2,Sosialisasi Hukum Tentang Pentingnya Hukum di Dalam Masyarakat Hagu Selatan,1,SPORT,2,SPS,1,STYLE,46,Subulussalam,1,Sukabumi,1,SUKADANA,1,sulawesi selatan,3,SULTENG,3,sumatera utara,1,Sumbar,2,Sumut,8,Sungai Leubok Pusaka Aceh Utara Diduga Tercemar Limbah Proyek Vital,1,Surprise Kapolres Langkat Untuk Komandan Batalyon Infanteri 8 Marinir Di HUT TNI Ke-75,1,Swap Test 90 Warga Kota Lhokseumawe oleh Team Gugus Tugas Covid-19,1,syamtalira bayu,1,T KHAIROL,10,TA Khalid Serahkan Satu Unit Traktor Kepada Kelompok Tani,1,Tagore Abu Bakar Angkat Bicara Terkait Diskriminasi Petani Kopi Dan Harga Anjlok,1,Tahun Anggaran 2020 Baitul Mal Aceh Utara Bangun 273 Rumah Fakir Miskin,1,Tak Penuhi Unsur,1,Tampil Di Malam Literasi,1,tanah luas,2,TANGGAMUS,3,Tangis Pecah Pon Citra Dihadapan Haji Uma Saat Cerita Perjuangan Obati Kanker Otak Istrinya,1,Tantangan bagi Prabowo Apakah Menang Lawan Tokoh-Tokoh Bersinar Ini.Jakarta,1,Tapi Omongannya Membuat Hati Tenang,1,TEC Ajak Umat Kristiani Lawan Covid-19,1,TEC Gelar Rapat Pleno Diperluas.lampung selatan,1,TEC Kembali Gelar Reses Bersama Tokoh Masyarakat Lampung Selatan.,1,TEC Sosialisasikan Perda Ketahanan Keluarga,1,Tegaskan Batuan Pemerintah Jangan Dijual,1,Temui Pimpinan umum Serambi Indonesia,1,Terima Kunjungan BPK RI Sumut,1,Terima Kunker Ketua DPD RI,1,Terkait Banjir Bandang Tanah Longsor,1,Terkait Imigran Rohingya; Lembaga Kemanusiaan Eddie Foundation Quick Respon Salurkan Bantuan,1,Ternyata Ini Motif Dari Pembacokan Ketua Aliansi Indonesia BPAN Aceh Utara Oleh Geuchik Pulo Kito,1,Tidak ada KK dan KTP Penerima BLT-DD tahap satu Bu Sya'ah dilewatkan,1,Tidak Memperkaya Diri dan Kelompok,1,Tindakan PT. PLN Persero Aceh Tengah Menuai Protes Dari Keluarga Iliyes Kumer,1,Tingkatkan Kinerja Organisasi,1,TIPS,3,TMMD KE-105 TA 2019,1,TNI,1,TNI/Polri Gotong Royong Perbaiki Makam Cut Meutia di Aceh Utara,1,tokoh,1,Tokoh GAM Pase Desak Pemerintah dan Ulama Selesaikan Pro-Kontra MPTT,1,TPS,1,Treading Topic,2,TREDING TOPIC,1,TULANG BAWANG,23,TULANG BAWANG BARAT,1,Tuntut Kesempatan Kerja,1,UAS Kunjungi Rumah Sandiaga,1,uea,1,UISU,2,Ulama Aceh Minta Usut Tuntas Motif Penusukan Syekh Ali Jaber,1,Ungkap Fakta Kontroversial Keputusan WALIKOTA Lhokseumawe Terkait Ruang Isolasi PINERE OTG Covid-19,1,Unsyiah,2,Untuk Masyarakat Lampanah,1,Video Perajin Rapa'i Aceh Utara Viral Di Media Sosial,1,Viral...,1,Wabup Fauzi Yusuf Resmikan BUMG Maju Bersama,1,Wagub Rakor dengan Pelaku Wisata Bukit Lawang Dorong Kunjungan Wisata Bukit Lawang dan Tangkahan,1,Wagub Silaturahmi dengan Warga Bahorok,1,Wagub Ucapkan Selamat Atas Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputra Nararya pada Rahmat Shah,1,Wagubsu Apresiasi Peluncuran Buku dan Rumah Yatim,1,wali Nanggroe Aceh,1,Warga Menolak,1,Warga Meragukan Kinerja Gechik Krueng Baroe Blang Mee,1,Warga Nahdiyin Gelar Gema Muharam di Masjid Jamik Al Falah Titipapan,1,Warga Nisam Ditemukan Tak Bernyawa Dalam Sebuah Sumur,1,Wartawan Dilarang Meminta atau Menerima Imbalan dalam Bentuk Apapun,1,Wartawan Kecam Dan Desak TNI Di tarik dari lokasi Penampungan Rohingya,1,Wawancara Kursi Kosong,1,WAY KANAN,2,Webinar Aceh,1,wisata,2,yara,2,YARA Aceh Utara Somasi PIM.lhoksukon,1,YARA Buka Posko Pengaduan Konsumen Perbankan,1,YARA Desak Menteri ESDM Tarik SKK Migas Dari Aceh,1,YARA Desak Pemerintah Aceh dan DPRA Untuk Evaluasi Qanun Lembaga Keuangan Syariah,1,Yara Langsa Desak Walikota Teliti Dugaan Kasus Perselingkuhan Kadis Kominfo Dengan Bawahanya,1,YARA minta Pemkab Nagan Raya tindak lanjuti rekomendasi temuan BPK,1,YARA Temukan Kejanggalan di Bangunan Monumen dan Museum Samudera Pasai,1,YARA Terima kuasa hukum khusus dari pasien yang diduga korban pelecehan seorang oknum dokter d,1,YARA Terima Pengaduan Masyarakat Geudumbak Aceh Utara Terkait Pemalsuan Tanda Tangan,1,Yogyakarta,1,YPAP,1,Zubir HT : WTP Belum Memberikan Dampak Untuk Rakyat.aceh utara,1,zulfiyanda,1,
ltr
item
BIDIK INDONESIA: Aktivis Anti Korupsi dan wartawan di Agara didiskriminalisasi.
Aktivis Anti Korupsi dan wartawan di Agara didiskriminalisasi.
https://1.bp.blogspot.com/-7b2-tk5Zt8E/Xem82t0JEzI/AAAAAAAASIc/Bj-z3pGSOskWRECEF3K-TGJ0rzCNFoRfQCLcBGAsYHQ/s320/WhatsApp%2BImage%2B2019-12-04%2Bat%2B13.19.01.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-7b2-tk5Zt8E/Xem82t0JEzI/AAAAAAAASIc/Bj-z3pGSOskWRECEF3K-TGJ0rzCNFoRfQCLcBGAsYHQ/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2019-12-04%2Bat%2B13.19.01.jpeg
BIDIK INDONESIA
http://www.bidikindonesia.com/2019/12/aktivis-anti-korupsi-dan-wartawan-di.html
http://www.bidikindonesia.com/
http://www.bidikindonesia.com/
http://www.bidikindonesia.com/2019/12/aktivis-anti-korupsi-dan-wartawan-di.html
true
1287952297879094571
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy