-->
  • Jelajahi

    Copyright © BIDIK INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Timun Suri Jadi Incaran Warga Aceh Timur Saat Ramadhan

     Eri Iskandar Hp : 0823 7083 7953
    Rabu, 14 April 2021, 11.48 WIB Last Updated 2021-04-14T20:07:03Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    IDI | Bidik Indonesia. com - Buah timun suri menjadi salah satu menu khas saat berbuka puasa di bulan Ramadhan Timun suri selalu menjadi incaran warga di Aceh Timur, meskipun cuaca sedikit tidak mendukung, namun timun suri dengan bentuk lonjong, dan sebagian tampak bulat tetap dicari pelanggan selama Ramadhan.

    Berbeda dengan jenis timun lain, karena timun suri ketika matang dan dijual biasanya dilapisi dengan pelepah pisang.

    Meskipun langka di luar Ramadhan, namun timun suri tetap dicari umat Islam sebagai pelengkap menu menjelang berbuka puasa.

    Tak terkecuali di awal Ramadhan 1442 Hijriah, timun suri menjadi salah buah primadona yang diburu masyarakat muslim di Aceh untuk sajian berbuka.

    Timun suri berwarna kekuningan itu memiliki tekstur yang lembut dan mengandung banyak air sangat cocok untuk diolah takjil, seperti es buah.

    Timun suri dikenal buah yang mengandung banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh manusia.

    Di saat pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir ini, manusia butuh daya tahan tubuh yang cukup, sehingga timun suri sudah tepat untuk meredakan panas dalam, meringankan diabet, menyehatkan kulit, melancarkan pencernaan, memelihara imunitas tubuh dan mampu mengontrol kolesterol.

    Di Aceh, buah dari tanaman menjalar ini biasa disebut boh timon wah, karena timun suri cepat wah (pecah–red).

    Buah ini hanya dipanen ketika bulan Ramadhan, karena peminat di luar Ramadhan sangat minim. Timun suri memiliki ciri khas tersendiri dibanding di luar Aceh.

    “Timun suri ini dijual setelah dipanen dan dibalut dengan pelepah pisang karena setelah dipanen cepat wah (pecah–red),” kata Usman, penjual timun suri di Kota idi, Aceh Timur, dilansir Waspada, Rabu (14/4/2021).

    Dirinya mengatakan, setiap hari mampu menjual timun suri antara 50-80 buah dengan harga jual antara Rp5.000–Rp10.000 per buah.

    Selain menjual berbagai jenis buah-buahan, timun suri termasuk jenis buah terbanyak yang dipasarkan sejak pukul 14:00 hingga menjelang berbuka.

    “Timun suri menjadi incaran pengunjung pasar, karena timun suri ini termasuk labu-labuan (cucurbitaceae) yang mengandung banyak manfaat dan sangat cocok untuk pelengkap berbuka puasa,” sebut Abdullah, pedagang timun suri lain di Kota Idi.

    Dari segi kesehatan, timun suri juga mengandung berbagai nutrisi seperti asam linoleat, glukosa, fruktosa, vitamin A, C, kalium, potasium, magnesium, saponin, dan lainnya yang kesemuanya sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan.

    Dari aneka manfaat, timun suri merupakan sumber antioksidan, membantu sistem pencernaan, melancarkan proses detoksifikasi, anti kanker, menyehatkan mata, baik untuk kesehatan ginjal, mempertajam ingatan, baik bagi penderita diabetes dan mendukung program diet serta menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi serta baik untuk jantung.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini