Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Anak Usia Dini

Berita Opini. Penulis : Anggun Pirdayanti  Mahasiswa UMM (universitas Muhammadiyah Malang) BIDIK INDONESIA ,- Media sosial merupakan media o...

Berita Opini.

Penulis : Anggun Pirdayanti 

Mahasiswa UMM (universitas Muhammadiyah Malang)

BIDIK INDONESIA,-Media sosial merupakan media online yang menduduki interaksi sosial. Dalam penggunaan media sosial dengan cara menggunakan teknologi yang berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif. Oleh sebab itu media sosial dapat dilihat sebagai fasilitator online yang menguatkan hubungan antara pengguna sekaligus sebagai sebuah ikatan sosial. Maraknya media sosial yang sudah dikenal oleh anak-anak usia dini banyak terdapat hal positif maupun hal negatif nya.

Adapun dampak positif yang diperoleh saat bermain media sosial pada anak usia dini yaitu, membuat anak terhubung dengan keluarga dalam arti dapat berkomukasi dengan keluarga atau kerabat jauh tanpa bertemu langsung, menumbuhkan rasa empati pada anak, dapat mengasah keterampilan dari yang hal-hal baru yang dilihat di media sosial, dapat dengan mudah mengakses informasi mengenai kesehatan diri, serta mendorong anak dalam mengekspresikan diri. Sedangkan sisi atau dampak negatif dari bermain media sosial pada anak usia dini yaitu, risiko bertemu dengan orang asing yang membuat mereka merasa takut atau tidak nyaman, melihat tayangan yang tidak sesuai dengan usia anak, serta memungkinkan terjadinya perundungan di dunia maya atau dikenal dengan istilah cyberbullying.

Penggunaan media sosial oleh anak tanpa pengawasan orang tua sebenarnya sangat membahayakan atau berdampak negatif pada anak, karena apabila orang tua tidak mengawasi anak dalam usia dini pada saat bermain media sosial hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi. Oleh karena itu peran orang tua sangat penting pada anak usia dini yang sudah paham mengenai media sosial. Maka dari itu orang tua harus bersikap lebih tegas kepada anak yang sudah mengenal media sosial, mungkin bisa dengan cara memberitahu kepada anak cara bermain atau menggunakan media sosial dengan baik, lebih menekankan anak pada jam atau waktu pada saat anak memegang ponsel serta saat bermain media sosial, dan selalu mengawasi anak semaksimal mungkin agar tidak membuka situs yang mendorong ke sisi negatif pada saat menggunakan media sosial.

Adapun dampak pada kesehatan dalam pertumbuhan anak juga dapat berpengaruh saat anak memainkan media sosial secara berlebihan. Gangguan saraf motorik pada anak yang mempengaruhi sikap seorang anak untuk meniru apa yang telah mereka lihat, karena anak pada usia dini masih lebih ingin mencari tahu serta baru mengenal dan ingin meniru atau memperaktekan langsung hal-hal yang baru mereka ketahui ataupun mereka kenal. Dengan demikian penggunaan media sosial tanpa adanya pengawasan orang tua sangat berpengaruh pada sikap dan perilaku anak usia dini yang sudah mengenal dan menggunakan media sosial. Kesehatan selanjutnya juga menyangkut tentang mata, pengaruh dari cahaya media elektronik sangat membahayakan. Apabila seorang anak bermain media sosial tentu saja mereka menggunakan elektronik seperti handphone, laptop, dan lain sebagainya. Karena pantulan cahaya serta sinar yang dipancarkan sangat tajam, dengan demikian dapat terjadinya kerusakan mata pada anak.

Maka dari itu anak yang sudah paham mengenai media sosial lebih di tingkatkan lagi pengawasan, seperti orang tua dan keluarga. Serta selalu memberikan contoh dan memberikan masukan yang baik agar anak juga dapat memahami apa yang kita beritahukan. Karena apabila kita tidak mengingatkan bahkan kita tidak mengawasi anak usia dini saat bermain media sosial, peluang mereka menggunakan media sosial lebih ke hal yang negatif. Anak usia dini sangat cepat terpengaruh oleh apa yang baru dia lihat, diberitahukan, dan di contohkan oleh orang sekitarnya. Bermain media sosial tidak salah apabila dilakukan dengan baik dan menggunakannya sesuai dengan keperluan baik anak usia dini maupun remaja. Tetapi apapun itu, semua ada dampak positif dan negatif, semua tergantung pada pribadi masing-masing. Apabila seorang anak atau remaja bermain media sosial maka peran orang tua sangat penting dalam pengawasan dan selalu berinteraksi dengan anak yang sudah mengenal media sosial. 

COMMENTS

BLOGGER: 1
  1. Topik yang sangat menarik. Dikemas dengan singkat, padat dan jelas. ­čĹŹ­čĆ╗

    BalasHapus

News