-->
  • Jelajahi

    Copyright © BIDIK INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Gubernur Aceh tak Pernah Larang  Shalat Idul Adha di Masjid

    Minggu, 18 Juli 2021, 01.55 WIB Last Updated 2021-07-19T08:56:38Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    Banda Aceh, Bidikindonesia.com - Beredar isu di media sosial, Pemerintah Aceh melarang pelaksanaan Salat Idul Adha berjemaah di lapangan atau masjid untuk menekan penyebaran COVID-19. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah membantah hal itu.

    “Isu tersebut adalah hoaks, karena kebijakan itu tidak pernah dikeluarkan pemerintah Aceh,” katanya Minggu (18/7/2021).

    Menurutnya, hanya saja protokol kesehatan harus diterapkan secara ketat saat salat idul Adha digelar di masjid atau lapangan, mengingat wilayah Aceh dan Indonesia secara umum masih dilanda COVID-19.

    "Bagi kita di Aceh ibadah ke masjid itu bagian dari vaksin untuk menaikkan imun," lanjut Nova.

    Nova mengajak seluruh masyarakat Aceh untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dalam segala aktivitas. Hal tersebut penting agar kebijakan PPKM Darurat tidak menular ke Aceh.

    Sebelumnya, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh telah mengeluarkan kebijakan terkait pelaksanaan ibadah Idul Adha di Aceh, di tengah pandemi COVID-19 dan status Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Salah satu poinnya adalah: ”Meminta kepada pengurus masjid dan tempat Salat Id lainnya untuk mengatur pelaksanaan Salat Id dan khutbah secara padat dan singkat serta memperhatikan protokol kesehatan.”

    Tausyiah MPU tersebut kemudian menjadi dasar bagi Pemerintah Aceh dalam mengeluarkan Surat Edaran Gubernur Aceh Nomor 440/12216 tentang Penerapan Protokol Kesehatan COVID-19 dalam penyelenggaraan Salat Idul Adha dan Pelaksanaan Kurban tahun 1442/2021 M.

    Sesuai edaran tersebut, Salat Idul Adha boleh dilaksanakan secara berjemaah di masjid maupun di lapangan seluruh Aceh, tetapi takbir keliling dilarang. [Berita merdeka]

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Nasional

    +