-->
  • Jelajahi

    Copyright © BIDIK INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Harga Minyak Sere Wangi Anjlok, Petani Sere Wangi Tanoh Depet Harapkan Perhatian Pemerintah

    Editor Aceh
    Minggu, 12 September 2021, 02.20 WIB Last Updated 2021-09-12T09:20:01Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Takengon-Bidikindonesia.com
    Sejak terjadinya wabah virus covid-19 yang saat ini melanda Dunia khususnya di Kabupaten Aceh Tengah, barbagai hasil pertanian masayarakat disana juga mengalami kemerosotan secara drastis, seperti yang di alami petani sere wangi Kampung Tanoh Depet, Kecamatan Celala, Kabupaten Aceh Tengah, yang harus rela menjual minyak sere wangi nya dengan harga yang relatip murah. minggu 12 September 2021.

    Hal itu dikatakan Sudirman, Kepala Kampung ( Reje ) Tanoh Depet, saat dijumpai jurnalis media ini di kediamanya Sabtu 11/9/21. Menurutnya akibat merosotnya harga minyak sere wangi yang tadinya mencapai 350,000,( Tiga Ratus Lima Puluh ) Ribu Rupiah perkilo gramnya, kini tingal 150 ( Seratus Lima Puluh ) Ribu Rupiah saja, sehingga petani sere wangi tidak lagi mampu untuk membeli pupuk, dan tanaman sere tersebut tidak lagi dapat tumbuh dengan sempurna.
    ," untuk saat ini kami petani sere wangi sudah tidak lagi  mampu membeli pupuk untuk tanaman sere wangi kami, akibat harga minyak sere juga sangat merosot, tidak seper saat sebelum pandemi ", kata Sudirman.

    Lebih Lanjut Sudirman juga mengatakan, pada dua tahun yang lalu harga minyak sere wangi bisa mencapai 350 ribu rupiah perkilonya, namun pada saat ini, harga minyak sere wangi, hanya berkisar 150 ribu saja, sehingga, untuk menupang biaya hidup sehari- hari saja sudah tidak lagi mencukupi, ditambah tingginya biaya ongkos kerja saat memanen sere tersebut.
    Sudirman juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah untuk dapat membantu pemulihan tanaman sere wangi yang saat ini sudah tidak lagi produktif," kami petani sere wangi sangat berharap kepada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Aceh Tengah maupun Pemerintah Aceh Tengah untuk dapat melihat dan membantu pupuk organik maupun non organik kepada kami para petani sere wangi, agar tanaman sere wangi dapat kembali produktif", harapnya.

    Karna dengan adanya pupuk saya yakin meskipun harga minyak sere saat ini menurun, kedepan hasil panen minyak sere akan bertambah, sehingga mampu untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan biaya oprasional tanaman itu sendiri. ungkap Sudirman selaku Kepala Kampung ( Reje )Tanoh Depet.(* )

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini