-->
  • Jelajahi

    Copyright © BIDIK INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Latih 80 Penari Tari Guel, Untuk Melatih 1.000 Penari Menuju Rekor Muri

    Pujo
    Kamis, 25 November 2021, 04.40 WIB Last Updated 2022-01-05T05:36:03Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Aceh Tengah-Bidikindonesia.com. 
    Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tengah, melatih 80 penari tari guel untuk meraih rekor muri 1.000 penari, Kamis (25/11/2021).

    Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Aceh Tengah, Mahdi S. Pd., menyebutkan pelatihan penari tradisi tari guel tersebut, sudah berlangsung mulai dari tanggal 22 sampai dengan 25 November 2021, terhitung selama empat hari.

    "Jumlah penari tradisi tari guel sebanyak 80 orang yang berprofesi sebagai guru, dari masing masing sekolah yang berada di dataran tinggi Tanoh Gayo," kata Mahdi.

    Mahdi berharap selesai pelatihan para peserta nanti bisa mengajarkan kepada murid-murid disekolah untuk mempersiapkan menuju rekor Muri dengan seribu penari di tahun 2022 mendatang.

    Pelatih penari Tari guel ini berasal dari beberapa guru yang mengeluti di bidang seni juga dibantu oleh Komunitas Peduli Budaya Gayo (KPBG) di Kabupaten Aceh Tengah.

    Seterusnya, pihak dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tersebut akan mengajukan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk  80 peserta yang sudah dilatih oleh tenaga ahli sekaligus mendapatkan sertifikasi agar memiliki legalitas yang jelas kedepan.

    "Kepada 80 peserta, jika nanti beberapa peserta lulus seleksi dan memiliki legalitas yang jelas dan resmi menjadi pelatih. Maka, mereka masing-masing akan melatih 10 peserta untuk persiapan menuju Rekor Muri," ujar Mahdi.

    Salah satu peserta tari guel, Dara Arigustika mengatakan sangat bersyukur bisa menjadi peserta dan belajar tentang adat budaya baik tradisi yang ada di Gayo melalui tari guel yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tengah.

    "Sehingga apa yang kami pelajari hari ini, bisa kami ajarkan nantinya kepada murid-murid kami di sekolah," terang Dara.

    Penulis : Surya Efendi
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Nasional

    +