-->
  • Jelajahi

    Copyright © BIDIK INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    USM Peringati Maulid: Akhlaqul Al Karimah Barometer Kebesaran Bangsa

    Selasa, 14 Desember 2021, 03.14 WIB Last Updated 2022-01-05T05:36:03Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini



    Banda Aceh, Bidik Indonesia.Com. Dalam rangka kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW, Universitas Serambi Mekkah (USM) mengadakan Peringatan Mauludur Rasul beralngsung di Aula Dr. Mr. Teuku Haji Moehammad Hasan, Kampus Induk USM, 14 Desember 2021.

    Ketua Pelaksana kegiatan, Ilyas M. Harun, SE, MM, melaporkan bahwa kegiatan ini melibatkan semua untur sivitas akademika USM. 

    Ilyas M. Harun, SE, MM, yang juga Wakil Rektor II USM mengatakan bahwa dengan persiapan yang singkat kegiatan dapat berjalan dengan baik. Ilyas berterima kasih kepada Pimpinan Yayasan Pembangunan Serambi Mekkah (YPSM) atas semua dukungan diberikan, dan juga tim kepanitiaan yang bersama-sama mempersiapkan acara dengan sigap.

    Pentingnya Mentauladani Rasul SAW

    Dalam ceramah peringatan maulid Nabi tersebut, Penceramah Tgk H. Ibnu Arhas menekankan pentingnya menteladani akhlaq alkarimah yang dicontohkan Rasulullah SAW. 

    Ibnu Arhas mengatakan bahwa runtuhnya sebuah bangsa karena sendi-sendi akhlak dan moral yang rusak, laksana runtuhnya sebuah bangunan manakala sendi dan penyangga mulai berkarat atau lapuk di makan waktu. 

    Namun hebatnya, jelas penceramah yang juga seniman tersebut, aklak alkarimah yang ditauladani dari Penghulu semua Nabi kekal selamanya-lamanya dan kesmuanya tertuang dalam Al-Quran dan Al Hadist ujarnya. 

    Pelantun lagu ‘Paroh Tuloe’ yang pernah hits di era 80an tersebut, melanjutkan bahwa tinggi rendahnya akhlak turut menentukan maju mundurnya suatu bangsa. Bangsa yang rendah akhlahnya akan ‘ diboh yum le gop’ (di ukur sama orang lain dan boleh jadi tidak dihargai=  red#), ujar Penceramah yang pernah berkarir sebagai anggota Dewan Perwilan Rakyat Kabupaten Pidie di era 1987an.

    Kegiatan ceramah menjadi penyegar kembali akan pentingnya menamankan moral bangsa, apalagi disampaikan secara sistematis dan dibarengi dengan lantunan syair-syair religi oleh Ibnu Arhas sempat melejit di era 1980an dan masih mengungah hingga sekarang ini.

    Pelaksanaan Peringatan Maulid Nabi di Kampus USM diikuti oleh 200 an peserta mulai dari Para Pimpinan YPSM, Wali Amanah USM, Pimpinan USM mulai dari Rektor dan Para Wakil Rektor hingga ke para Ketua unit lembaga, para dosen, Ketua dan jajaran organisasi kemahasiswaan.

    Terlihat juag tamu undangan mulai dari Pimpinan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIII, Unsur Kopertais Aceh, Unsur Koramil dan Polsek, Perangkat Gampong Batoh, Masyarakat sekitar, serta undangan lainnya.

    Terpantau, kegiatan peringatan Maulid ini mengikiti prototokol Covid-19 dengan ketat mulai dari awal hingga selesai acara.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini