-->
  • Jelajahi

    Copyright © BIDIK INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kesan Pasar Pulung Berubah, Pedagang Apresiasi Bupati Tubaba

    Jumat, 18 Februari 2022, 03.10 WIB Last Updated 2022-02-18T11:10:07Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    Tubaba, Bidik Indonesia
    - Pasca diresmikan pada Sabtu 12 Februari 2022 pekan lalu, pasar modern di Tiyuh Pulung Kencana, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat semakin ramai.



    Saat itu, Pasar Pulung yang bertaraf Nasional tersebut diresmikan langsung oleh Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator bidang Perekonomian didampingi Arinal Djunaidi, Gubernur Lampung juga Umar Achmad, Bupati setempat.



    Peresmian ditandai penandatanganan batu prasasti oleh Airlangga Hartarto, dirinya juga menyerahkan seekor sapi sebagai tanda syukur atas pembangunan pasar tersebut.


    Sebagai orang nomor satu di Kabupaten Berjuluk Ragem Sai Mangi Waway itu, Umar Achmad berharap pasar tersebut dapat meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat dikalangan pedagang.


    "Dengan diresmikan pasar Pulung ini diharapkan dapat membuat dampak perekonomian lebih baik lagi," ujarnya.


    Bupati mengakui, image pasar Pulung saat ini masih dikenal sebagai pasar kalangan, namun dengan berdirinya pasar baru ini dia berharap image masyarakat dapat berubah.


    "Revitalisasi pasar juga dapat mengubah citra/image pasar tradisional, dari kumuh dan bau menjadi nyaman dan mampu bersaing dengan pasar-pasar modern lainnya," katanya.



    Diketahui Pasar Pulung tersebut memiliki 417 ruang dan lapak pedagang, terdiri dari kios sembako, kios pakaian dan kelontongan. Pasar ini juga menyiapkan lokasi pasar ternak serta pasar kuliner dan dilengkapi dengan kantor pengelola, ruang kesehatan, toilet umum, Mushola, dan fasilitas publik lainnya.


    Pantauan wartawan hari ini Jum'at 18 Februari 2022 di lokasi pasar, transaksi jual beli antara pedagang dan pembeli relatif stabil, meskipun baru sepekan ditempati.



    Bahkan, Kesan Pasar Pulung tersebut seketika berubah dari sebelumnya pasar kalangan yang beroperasi setiap Kamis dan Minggu saja, kini pusat perbelanjaan itu menjadi pasar harian.


    Uniknya lagi, pasar ini dijadikan masyarakat setempat tempat bersantai meluangkan waktu disore hari. Pengelola pasar juga kerap menyediakan hiburan umum live music. Disana juga tersedia wahana permainan anak, sehingga menambah daya tarik pasar Pulung.



    Elpi, Salah seorang pedagang sayur mayur mengaku lebih nyaman berjualan dilapak pasar yang saat ini dia tempati.


    "Alhamdulillah omset masih stabil, tapi disini lebih nyaman karena tidak takut lagi kalau hujan juga tidak panas. Selain itu pasarnya juga bersih, karena petugasnya rutin," ungkapnya saat diwawancarai wartawan.


    Dirinya juga mengapresiasi Bupati Tubaba atas inovasi pembangunan pasar Pulung ini.


    "Kami para pedagang mengucapkan terimakasih kepada Bupati, karena sudah memberikan kami fasiltas yang nyaman, aman dan bersih. Kami berharap dengan adanya pasar ini mampu meningkatkan ekonomi para pedagang, karena yang sebelumnya kami hanya dagang dua hari selama sepekan, tapi sekarang sudah bisa berdagang setiap harinya," harapnya.



    Terpisah, Ana pedagang sembako mengakui bahwasanya omset dirinya masih stabil.


    "Untuk sekarang masih stabil, mudah-mudahan kedepannya omset dagangan saya bisa jauh lebih meningkat, karena kalau sekarang dagangnya setiap hari, tidak kalangan lagi," Tambahnya.



    Pasar modern bertaraf Nasional ini dibangun Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tubaba menelan hingga 105 Milyar lebih.(Adv)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Nasional

    +