-->
  • Jelajahi

    Copyright © BIDIK INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    SebuahPohon Tumbang Menimpa Rumah Warga Di Dusun Sumbertenga Pekon Tekad

    Selasa, 08 Februari 2022, 05.33 WIB Last Updated 2022-02-08T13:33:27Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

     Tanggamus - Bidik Indonesia Sebuah pohon tumbang dan menimpa rumah warga bernama Mujiman di Dusun Sumber Tengah Pekon Tekad, Kecamatan Pulau Panggung Kabupaten Tanggamus, Selasa (8/2/22). 

    Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun rumah yang terbuat dari papan mengalami rusak parah dengan kerugian ditaksir Rp20 juta. 

    Kapolsek Pulau Panggung Polres Tanggamus Iptu Musakir, S.H., mengatakan peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Saat itu kondisi cuaca sedang hujan lebat disertai angin kencang. 

    "Saat cuaca hujan lebat disertai angin kencang, sebuah pohon jati yang berada di samping rumah Mujiman tersebut roboh karena tertiup angin hingga batangnya patah," kata Iptu Musakir mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Satya Widhy Widharyadi, S.I.K. 

    Kapolsek menjelaskan, atas peristiwa itu, pihaknya sudah melakukan pengecekan lokasi dan meminta keterangan dari korban dan beberapa saksi. 

    "Pohon roboh menimpa rumah korban pada bagian ruang tengah. Sehingga rumah korban rusak parah. Meski bagian rumah rusak parah tapi tidak menimbulkan korban jiwa," jelasnya.

    Ia menambahkan, kerusakan parah pada rumah karena bangunan rumah terbuat dari kayu dan bambu. Dan pohon jati tersebut milik korban sendiri yang tumbuh di sebelah rumah. 

    Akibat peristiwa ini diperkirakan korban mengalami kerugian materi Rp20 juta berupa sebagian bangunan rumah yang ada di Dusun Sumber Tengah tersebut. 

    Bhabinkamtibmas dan Bahinsa bersama warga sekitar bergotong royong menyingkir pohon dan membongkar bagian rumah yang rusak. 

    "Kayu sudah disingkirkan dan bagian rumah yang rusak dibongkar, supaya dampak kerusakan tidak merembet ke bagian rumah lainnnya," ujarnya. 

    Kesempatan itu, Kapolsek  mengimbau kepada masyarakat yang memiliki pohon tinggi di sekitaran rumah agar mengurangi cabang atau ranting-rantingnya. 

    Hal itu untuk cegah pohon tumbang akibat angin kencang yang biasanya datang bersamaan dengan hujan. Sebab sekarang ini masih musim hujan. 

    "Cek juga pohon-pohon yang sudah rapuh, jika ada sebaiknya ditebang saja demi mencegah terjadinya pohon tumbang." imbaunya. (Ap)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Nasional

    +