-->
  • Jelajahi

    Copyright © BIDIK INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Haul Ke-63 Abuya Muda Waly,Sang Bapak Pendidikan Aceh,Ulama Besar Aceh

    Andi Masta
    Kamis, 19 Mei 2022, 00.13 WIB Last Updated 2022-05-19T07:13:05Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    Bener Meriah | Bidikindonesia.Com, Mengenal sosok dan Kiprah sang bapak pendidikan Aceh,Ulama Besar Aceh, Syaikh muda waly alkhalidi dengan kehadiran Syekh Muda Waly dalam perkembangan keilmuan Islam di Aceh memiliki arti yang penting, karena 99,9% ulama Aceh pada era sesudahnya berada pada jejaring murid, atau murid dari murid Abuya.


    keulamaan Syekh Muda Waly makin bersinar ketika beliau mendirikan Dayah Pesantren Darussalam di Labuhan Haji Aceh Selatan, di mana pesantren tersebut telah mengkader ratusan ulama yang berkiprah dan mengayomi masyarakat.


    Ungkap narasumber, Tgk selamet Ibnu ahmadi selaku ketua RADAD bener meriah-aceh tengah ,Abuya muda wali dikenal sebagai sosok ulama nasionalisme sejati, Menurut dia, tidak banyak ulama saat ini yang berakarakter seperti Abuya muda waly.


    Insyaallah melaksanakan memperingati haul yang ke 63,dengan mengusung tema Mari pulang kedayah Darussalam dan do'a bersama


    Yang akan berlangsung dari pagi sampai malam di isi dengan kegiatan-kegiatan Islami seperti,khatam Alquran oleh para santri Dayah Darussalam. yang akan dilaksanakan di komplek dayah Darussalam AlWaliyyah labuhan haji barat Atjeh selatan yakni pada hari selasa 24 Mei 2022.


    Tgk selamet Ibnu ahmadi menambahkan,maka dari itu Pengurus Besar Rabithah alumni Dayah Darussalam (RADAD) mengajak kepada seluruh masyarakat Aceh khususnya untuk sama-sama kembali kedayah Darussalam untuk mengambil berkah serta memperingati Haul Abuya Syeikh Haji Muhammad Waly yang akan dilaksanakan di komplek dayah Darussalam AlWaliyyah labuhan haji barat Atjeh selatan yakni pada hari selasa 24 Mei 2022 mendatang haul akan berlangsung dari pagi sampai malam yang diisi dengan.


    Kegiatan-kegiatan Islami seperti, khatam Alquran oleh para santri Dayah Darussalam.  dengan Manaqib Abuya dan Tausiah oleh para alumni  dayah,Mendo'akan guru yang telah mengajarkan ilmu agama merupakan bagian dari adab penuntut ilmu, wassalam Tgk selamet Ibnu Ahmadi ketua RADAD bener meriah-aceh tengah


    Banyak ulama dan ilmuan Islam lahir dari rahim pesantren tersebut.Umumnya mereka telah meninggal, dengan meninggalkan banyak murid yang meneruskan estafet perjuangan mereka Sebut saja yang telah wafat misalnya; Syekh Aidarus bin Syekh Abdul Ghani Kampari, Abu Yusuf ‘Alami menantu Abuya, Syekh Marhaban Kruengkalee anak dari Abu Kruengkalee.


    Syekh Zakaria Malalo/Abuya Labaisati, Abu Adnan Bakongan, Abu Tanoh Mirah, Abon Samalanga, Abuya Muhibbuddin Waly, Abu Keumala, Abu Jailani Pedada, Abu Ja’far Siddiq, Abu Ahmad Isa Pedada, Abu Kamaruddin Teunom, Syekh Hasan Abati Lamno, Abu Imam Syamsuddin Sangkalan, Abu Muhammad Zamzami, Abu Usman Basyah Sungai Pauh, Abu Tu Min Blang Blahdeh, Abu Hanafi Matangkeh, Abu Daud dan masih banyak ulama lainnyayang menimba ilmu dari beliau.


    Untuk diketahui berikutnya juga akan dilanjut dengan doa bersama di Maqam Qubah Abuya Syekh Muda Waly, Kemudian dilanjut dengan doa bersama para ahli Thariqat dan Tawajjuh Akbar di dalam Masjid Abuya Syeikh Muda Waly  yang di pimpin langsung oleh Abuya H Mawardi Waly MA yang merupakan anak dari Alm Abuya Syeikh Haji Muda Waly Al-Khalidy, juga Pimpinan Dayah Darussalam Labuhan Haji saat ini.(Masta)


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Nasional

    +