-->
  • Jelajahi

    Copyright © BIDIK INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Dosen Berbagai Kampus Swasta adakan Pengabadian Masyarakat Di Ulee Kareng

    Rabu, 22 Juni 2022, 17.44 WIB Last Updated 2022-06-25T06:49:19Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen dan Mahasiswa, Pemberian Edukasi kepada Ibu-Ibu PKK di Desa Doy Kecamatan Ulee Kareng tentang Penurunan Angka Stunting di Aceh


    BIDIK Indonesia.com. Dosen Perwakilan Beberapa Kampus, Mengadakan Acara Pada Hari Rabu 22 Juni 2022, Dibanda Aceh, Kegiatan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) ini dilaksanakan di Gedung PKK Desa Doy Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh. 

    Kegiatan ini dilaksanakan oleh perguruan tinggi swasta Akademi Farmasi YPPM Mandiri Banda Aceh bekerjasama dengan dosen Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Banda Aceh dan turut juga hadir dosen dari Universitas Iskandar Muda serta Akademi Farmasi Makanan (AKAFARMA) Banda Aceh sebagai salah satu bentuk dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi, yang nantinya diharapkan membantu kemandirian desa, sekaligus nantinya bisa menjadi jurnal ilmiah Dosen dan Mahasiswa.

              Kasus Stunting di Aceh Sangat Memprihatinkan 

    Kegiatan ini turut melibatkan dosen dan mahasiswa program studi D-3 Farmasi serta di awali oleh kata sambutan dari Ketua LPPM dan Direktur AKFAR YPPM Mandiri serta perwakilan Keuchik Desa Doy Bapak Tarmizi. tema dalam kegiatan pengabdian ini adalah “Strategi Mewujudkan Indonesia Sehat dari Berbagai Sektor” dengan beberapa materi yang disajikan antara lain, kandungan zat kimia berbahaya pada kosmetik, obat tradisional, pencegahan dan penurunan stunting, serta Peran Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) dalam peningkatan pendapatan asli Gampong (PAG).

    Sementara itu Salah Satu Dosen Akademi Farmasi YPPM Mandiri Banda Aceh dan juga sebagai Anggota Pengurus Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKMI) Aceh, Bapak Fadli Syahputra, M.K.M., mengatakan kegiatan ini adalah program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara bersama-sama dalam upaya memberikan edukasi kepada masyarakat tentang strategi-strategi apa saja yang dilakukan dalam mewujudkan Indonesia sehat dari berbagai sektor, salah satunya adalah dengan masyarakat tahu dan memahami apa itu Stunting dan bagaimana upaya-upaya yang dilakukan masyarakat dan pemerintah dalam menekan dan menurunkan angka stunting di Aceh terutama di Kota Banda Aceh itu sendiri.


    Fadli menjelaskan bahwa pengetahuan tentang stunting tidak hanya dibutuhkan oleh ahli gizi namun juga dibutuhkan oleh semua pihak yang terlibat dalam bidang kesehatan. Bahkan, masyarakat juga perlu mengetahui tentang stunting supaya dapat melakukan upaya-upaya pencegahan dan turut membantu juga penurunan angka stunting. 

    Program pemberdayaan perempuan perlu terus ditingkatkan dan dikembangkan untuk mengurangi resiko kemiskinan pada rumah tangga dengan kualitas hidup yang kurang. Pemerintah perlu memberi akses yang lebih luas kepada kaum wanita untuk memeroleh kesempatan di bidang pendidikan, keterampilan, pekerjaan yang layak di sektor formal dan program-program penciptaan lapangan kerja.


    Melalui kegiatan ini diharapkan kedepanya masyarakat dapat memiliki pengetahuan yang baik bagaimana menggunakan kosmetik yang tidak berbahaya, mengelola obat tradisional dan juga menekan angka stunting yang saat ini masih tinggi terjadi di Indonesia serta bisa melibatkan BUMG sebagai pemberdayaan masyarakat dalam mengatasi tingginya angka stunting.

    Di lain pihak, salah satu masyarakat yang mengikuti kegiatan ini, merasa senang dan merasakan manfaatnya setelah selesai kegiatan ini dilakukan, terutama juga bagi Bapak Hassanuddin (selaku salah satu tokoh masyarakat setempat) yang telah banyak membantu dengan terlaksananya kegiatan Pengabdian Masyarakat ini, dan juga diharapkan adanya keberlanjutan untuk tahapan berikutnya dengan mengusung pelatihan tema BUMG bagi pengelola Desa Doy Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Nasional

    +