-->
  • Jelajahi

    Copyright © BIDIK INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    PT. PLN (Persero) UPP Sumbagut 2 Aceh Tengah Salurkan Program Tanggung Jawab Sosial BUMN (TJSL)

    Andi Masta
    Rabu, 22 Juni 2022, 08.47 WIB Last Updated 2022-06-22T16:01:21Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    PT. PLN (Persero) UPP Sumbagut 2 Aceh Tengah Salurkan Program Tanggung Jawab Sosial BUMN (TJSL) Berupa pelatihan dan Budidaya Cabe Kepada Dua Kelompok Tani, Kelompok Tani Kala Silih Nara dari Desa Semelit Mutiara yang Diketuai Oleh Sudirman yang beranggotakan 16 Orang Dan Kelompok Tani Musara Ide Dari Desa Paya Beke yang Diketuai Oleh Tamrin yang beranggotakan 15 orang, dimana Kedua kelompok Tani berada di Kecamatan Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah. Rabu, 22 Juni 2022.Foto: Istimewa




    Aceh Tengah | Bidikindonesia.Com, Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang menjadi kewajiban perusahaan-perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebaiknya juga diikuti oleh kalangan swasta. Hal ini guna mendukung upaya pemerintah melaksanakan perbaikan yang sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) 2030.


    PT. PLN (Persero) UPP Sumbagut 2 Aceh Tengah Salurkan Program Tanggung Jawab Sosial BUMN (TJSL) Berupa pelatihan dan Budidaya Cabe Kepada Dua Kelompok Tani, Kelompok Tani Kala Silih Nara dari Desa Semelit Mutiara yang Diketuai Oleh Sudirman yang beranggotakan 16 Orang Dan Kelompok Tani Musara Ide Dari Desa Paya Beke yang Diketuai Oleh Tamrin yang beranggotakan 15 orang, dimana Kedua kelompok Tani berada di Kecamatan Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah. Rabu, 22 Juni 2022.


    Kelompok Tani Kala Silih Nara dari Desa Semelit Mutiara yang Diketuai Oleh Sudirman yang beranggotakan 16 Orang.Foto: Istimewa


    Dalam pelaksanaan TJSL, yang praktiknya dilakukan melalui aktivitas corporate social reponsibility (CSR) perusahaan-perusahaan juga harus mempertimbangkan keberlanjutan (sustainability) untuk memberdayakan masyarakat sehingga mampu hidup lebih baik. 


    Manager PT PLN (Persero) UPP sumbagut 2 Aceh tengah Nanda Arianto mengatakan, "Di tahun 2022 ini PLN ada 7 program CSR atau yang dalam 12 tahun kebelakang namanya berubah menjadi menjadi Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan (TJSL), alasan mengapa TJSL karena dalam 2 tahun kebelakang memang konsen dari perusahaan kami lebih kepada peningkatan taraf hidup masyarakat yang berada di sekitar lokasi Project jadi kalau bisa kita lihat dalam 2 tahun kebelakang ini program-program TJSL lebih kepada peningkatan perekonomian yang yang langsung menyentuh kepada kelompok tani maupun UMKM yang ada di jadi untuk 2021 sendiri dari 7 program itu kami menyalurkan tidak kurang dari 1 miliar rupiah untuk Aceh Tengah", Terangnya Nanda Arianto.


    Kelompok Tani Musara Ide Dari Desa Paya Beke yang Diketuai Oleh Tamrin yang beranggotakan 15 orang.Foto: Istimewa

    Kelompok Tani Musara Ide Dari Desa Paya Beke yang Diketuai Oleh Tamrin.Foto: Istimewa


    Nanda Arianto Juga menerangkan,

    "Kemudian dari 7 program itu juga 4 programnya Berada di kecamatan silih Nara Alhamdulillah 3 sudah kita laksanakan, termasuk pembenihan budidaya ikan air tawar, yang sebelumnya juga kita sudah memberikan pelatihan juga 2 program penanaman yaitu pembibitan atau pembenihan perikanan memang kami berharap ini hanya sedikit program kecil saja dari kami yang kami harapkan bisa menyentuh atau meningkatkan taraf perekonomian masyarakat yang berada di sekitar proyek kami", tambahnya Nanda Arianto.


    Turut hadir pada acara tersebut Bupati Aceh Tengah Drs Shabela Abubakar, Camat Silih Nara Drs.Darmawi, Kadis Pertanian Aceh Tengah Ir. Nasrun Liwanza, MM, Komandan Kodim (Dandim) 0106/Aceh Tengah, Letkol Inf Wasono Handayani, Danramil 08/Silih Nara Kapten Inf Bambang Suhartono, Kapolsek Silih Nara Akkup Gaja.


    Manager PT PLN (Persero) UPP sumbagut 2 Aceh tengah Nanda Arianto menambahkan, operasional perusahaan yang hubungannya dengan masyarakat dan lingkungan juga harus terukur dan berkelanjutan. Menurutnya, capaian SDGs 2030 melalui program TJSL merupakan hal yang sangat tepat. 


    “Ini bukan hanya kewajiban BUMN saja tetapi kita semua, termasuk swasta juga harus mengambil bagian lebih luas lagi dalam hal ini", tambahnya.


    Seperti diketahui, Kementerian BUMN kembali meningkatkan peraturan terkait Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan BUMN dengan diterbitkannya Peraturan Menteri BUMN Nomor Per-05/MBU/04/2021 agar pencapaian dari SDGs dan target dunia itu cepat terlaksana. 


    Peraturan tersebut adalah sebagai penyempurnaan dari Permen BUMN Nomor PER-09/MBU/07/2015 tentang Program Kemitraan dan Program Bina Lingkugan BUMN sebagaimana telah beberapa kali diubah dan terakhir ini dengan Permen BUMN PER-02/MBU/04/2020 tentang perubahan ketiga atas Permen 2015.


    Permen yang ditetapkan Menteri BUMN Erick Thohir pada 8 April 2021 telah menetapkan secara jelas bahwa program TJSL BUMN direncanakan dan dilaksanakan oleh direksi, Program TJSL juga merupakan komitmen perusahaan terhadap pembangunan keberlanjutan. 


    Bupati Aceh Tengah Drs Shabela Abubakar dalam sambutanya mengatakan, "jikalau memungkinkan jangan hanya budidaya cabe saja yg di Budi dayakan di desa semelit mutiara, tanaman Palawija juga penting dibudidayakan, dan kita juga berharap desa-desa lain se Kabupaten Aceh tengah juga harus mampu meningkatkan segala bidang budidaya yang mana target nantinya Aceh Tengah bisa menjadi salah satu target objek Agro Wisata Dunia", ujarnya Shabela Abu Bakar.


    Menutup Keteranganya Manager PT PLN (Persero) UPP sumbagut 2 Aceh tengah Nanda Arianto juga mengatakan

    “CSR biasanya hanya dikenal dengan CID (Community Involvement and Development), namun saat ini sudah tidak lagi. Bagaimana kami merencanakan program CSR, tentunya kita harus mengetahui isu-isu yang berkembang, lalu memetakan stakeholder siapa saja yang terlibat, lalu mengintegrasikan dalam SDGs, di PLN ada tiga program unggulan, PLN pintar, power, green. Lalu ada juga program yang bersifatnya social investment atau donasi", tutupnya.(adi/masta)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Nasional

    +